Menjadi Blogger Mandiri

Sejak pertama kali saya menorehkan tulisan pertama di blog ini, saya tidak pernah berhenti untuk selalu mencoba belajar menjadi blogger yang lebih baik. Meski keinginan itu kadang pasang surut, kadang naik, kadang juga turun. Pernah saat saya amat mencintai blog ini, hampir setiap 2 hari saya mengupdate blog ini, apa pun yang terjadi saya sempat – sempatkan untuk membuat posting, meski harus ke warnet sekalipun. Namun pernah juga blog ini selama berbulan – bulan tidak saya urus, mungkin karena terlalu sibuk dan lelah dengan aktifitas offline, atau juga karena sok sibuk di blog lain saya, terutama yang self-hosted.

Semenjak beberapa bulan terakhir, gairah saya untuk ngeblog serasa bangkit lagi, saya aktif di bebrapa blog saya sekaligus, termasuk di abouttiyo dan juga Sevenroots Media. Saya kembali merasa bahwa ngeblog merupakan jalan hidup bagi saya, saya kembali melihat kalau dengan memanage blog jauh lebih bermanfaat daripada cuman bermain Facebook tanpa menyadari terlalu banyak waktu yang terbuang sia – sia. Dengan konsen di blog, ke depan saya bisa saja menjadi seorang content writer bagi blog – blog luar negeri (satu mimpi nih), atau juga seorang Themes Developer, atau juga freelancer, yang bisa menjajakan keterampilan design, coding juga writingnya bagi pihak lain. Mimpi terbesar saya adalah memiliki blog yang lebih mirip portal berita, katakanlah seperti Mashable.com atau techcrunch.com.

Namun saya juga sadar kalau saya tetap pada kondisi saya seperti ini hal tersebut tidaklah akan bisa terwujud dengan cepat. Ngeblog memerlukan lebih banyak fokus dan konsentrasi daripada bermain – main di Facebook. Seorang blogger yang sungguh – sungguh dengan mimpi seperti itu haruslah menjadi blogger yang lebih mandiri daripada apa yang saya jalankan sekarang. Bagi yang tahu saya dengan sebenar – benarnya mungkin tidak akan kaget kalau selama empat tahun lebih ini saya ngeblog dengan tanpa memiliki komputer, dan juga koneksi yang mandiri. Saya lebih banyak memanfaatkan fasilitas yang ada di kantor daripada berusaha menjadi blogger mandiri. (Ga apa – apa lah, anak – anak kalau makai internet paling juga buat facebookan, mendingan saya, jauh lebih berguna tho? )

Untuk itu, mulai saat ini saya akan berusaha untuk menjadi blogger yang mandiri, dalam artian punya gears buat itu semua atas nama saya sendiri. Meskipun tidak bisa saya wujudkan dalam waktu dekat, mungkin Agustus tahun depan, atau bisa jadi lebih lama lagi. Gears wajib tersebut antara lain adalah :

ASUS Eee PC 1215NYup, pertama ya jelas laptop, untuk laptop yang saya perlukan minimal ya yang punya spec setara dengan ASUS Eee PC 1215N seperti gambar di samping lah. Dengan layar 12 inci sudah lumayan lebar, RAM 2GB juga sudah cukup kenceng, HDD 320 GB dah bakalan jadi komputer yang paling lapang ruang penyimpanannya sepanjang sejarah saya menggunakan komputer. Kalau dengan menabung sendiri ya paling sampai Agustus tahun depan atau lebih, syukur – syukur deh bisa dapet Acer Iconia, hadiah dari kontes Tablet Android Honeycomb Terbaik Murah, biar lebih cepet ngejar targetnya. Amin 🙂

Telkom Speedy

Yang kedua juga sudah tidak usah ditanya lagi, saya juga harus punya koneksi internet yang mandiri, yang bisa saya pakai dimanapun saya berada, termasuk di rumah saya yang lumayan jauh dari kota sekalipun. Karena koneksi bagi seorang blogger ibarat darah yang menghidupi jiwanya, tak pelak, saya harus memilikinya.

Kenapa saya menulis ini?

Hanya sebagai review dan penyemangat diri bro, juga sebagai statement kepada dunia untuk bisa menjadi saksi bersama tentang impian, target dan harapan. Pernah baca The Power of Kepepet karya Jaya Setyabudi? Ini juga salah satu wujud praktek saya setelah membacanya, jadikan mimpi dan semua target bisa dilihat orang lain agar bisa memacu diri kita sendiri! Pernah baca juga 10 Jurus Bisnis Terlarang karya Ippho Santosa, terutama yang ada kaitannya dengan ulang tahun, ini juga wujud dari penerapannya.

Pokoknya kita jadi orang harus punya impian, target dan rencana. Harus tau kita harus seperti apa pada waktu beberapa bulan kedepan, dan juga langkah apa yang musti kita tempuh untuk mencapainya. Semangat sodara semua, selamat berpuasa!

Menembus Asbes Terjun Bebas Menerjang Plafon

Hah, sore yang terasa menyenangkan, awalnya. Tetep semangat walau tadi jam 2an mata ngantuk sekali. Bersihin LS Blogging Room, trus tidur 15 menitan dah dibangunin pak bos. Ancur deh rasanya nih mata, tapi ya tetep semangat, apa lagi setelah diajak ke rumahnya n makan dulu, walo seadanya ya harus tetep bersyukur, karena itulah sebenarnya yang menjadi modal utama buat semangat!

Lanjut deh, seperti rencana kemaren, mau masang instalasi listrik di kantor kelurahan. Semua berjalan lancar, beli bahan – bahan dah kelar walo ada satu dua yang terlewat, tapi dah bisa jalan. Masang juga lancar dan jalan terus. Masalah mulai terasa saat ada di atas plafon ruangan dalam, mau nyambung kabelnya gimana malah jadi bingung sendiri, otak blank buat sekedar bayangin gimana nanti sambungan kabelnya.

Waktu berlanjut, hari sudah mulai gelap dan adzan telah mulai bersahutan dari satu mushola ke mushola yang lainnya, juga dari masjid ke masjid lainnya pula tentunya (ga mungkin dari masjid ke gereja tho :mrgreen: ) Ah, tanggung nih, tinggal pasang yang luar ni dikit, gabungin sumber listriknya trus kelar deh, bisa cepet – cepet pulang.

Begitulah dugaan saya, tinggal sedikit lagi. Langsung naik ke atas, lenggak -lenggok nyebrang atap yang terbuat dari asbes dengan lancar dari ujung timur ke barat untuk kesekian kalinya. Namun ketika akan dipasang, Mas Dar, sang empunya tempat yang ikutan bantuin usul, timur aja dipasang dulu, jangan barat, coz kalau barat dulu nanti pasang timurnya resiko kesetrum.

OK, saya melenggak ke timur dulu, memberikan tang potong padanya. Dan tepat dua langkah dari bibir atap ujung timur, petaka itu terjadi. Krataaaaak, krosaaaaak, pyaaarrrrr , gedhebuggg! Waduh dari atas atap kok dah bisa ngilang ke lantai keramik gini ya? Saya baru sadar kalau saya barusan Menembus Asber dilanjutkan dengan Bab selanjutnya Terjun Bebas Menerjang Plafon.

Mulai deh, inventarisasi anggota tubuh, semua melapor I’m well sir! Cuman lecet dikit kok. Ya sudah deh, kalau gitu tetep lanjutin misi, ga usah berhenti dulu. – Ngeyel banget sih ya , dah diperingatin maghrib, gelap gitu mbok leren dulu tho ya  – Namanya juga lagi full semangat, semua harus minggir!! Coba sambung dulu, kalo nyala baru istirahat. Dan saat kabel yang berarus disambung, All Iz Well (persis kayak di 3 Idiots), Kabel satunya, baru di buang ujung pembungkusnya, trus disentuhin dah “Warning! something is happening 😛 ” Konslet bro, sak kelurahan petheng kabeh. Ya udah mission must be aborted kalo dah gini 😀

Racun ini adalah cinta

Sejenak aku terhenyak
saat pertama aku melihatmu

Manis senyum menghiasi pipimu
Dibalut kesederhanaan hangat menyelubungimu

Aku tak tahu apa yang telah terjadi
Pada hati yang lugu ini

Namun sesuatu jelaslah terjadi
Karena ia berdetak begitu kencangnya

Apakah mungkin engkau telah meracuninya
Dengan sekejap senyummu itu?

Racun ini begitu ganas
Malumpuhkan akal dan naluri

Racun ini adalah cinta

Melihat Keyword Paling Ampuh di WordPress.com Stats

Terus terang, saya makin jarang saja masuk ke dalam dashboard blog ini, bahkan mungkin kalau mau dihitung sudah lebih dari sebulan. Dan kebetulan, tadi saya iseng sekedar melihat – lihat statistik pengunjung blog ini. Masih memuaskan, dengan update yang sangat jarang, blog ini mampu mendatangkan ribuan pengunjung perbulannya. Blog saya www.abouttiyo.web.id saja masih sangat jauh, jumlah total pengunjungnya tahun ini belum bisa melebihi jumlah pengunjung blog ini bulan lalu apalagi jumlah bulan sebelumnya 😦 , yang mencetak angka tertinggi untuk kurun waktu satu bulan.

comprehensive view of search terms on wordpress.com

Satu hal lagi yang sangat menarik di wordpress.com kali ini adalah tampilan statistik pengunjungnya yang makin ciamik saja. Sejak versi WordPress terdahulu yang mana kita bisa melihat statistik berupa grafik garis, lengkap dengan view per hari, minggu dan bulan. Kemudian ditambahkan summary table yang membuat data pengunjung makin cetho welo – welo saja.

Sekarang, yang paling baru adalah tampilan grafiknya yang berbentuk grafik batang, yang juga terlihat cool, saya sampai iri, kenapa fitur ini tidak ada pada plugin statistik situs WordPress.org (wordpress berbayar sendiri). Dan seperti yang anda lihat di atas, untuk search term (keyword) ternyata sekarang juga ada rekapannya, itu adalah daftar 18 keyword yang paling banyak mengantarkan pengunjung ke blog ini sejak blog ini memposting hello world! pada tanggal 7 April 2007.

Biar tambah disenengin mbah Google, keyword tersebut adalah : background keren, wallpaper keren, samsung m3510, green, header, sai baba dajjal, hijau, green wallpaper, wallpaper lucu, wallpaper desktop, lemuria, xxx,  cool headers, background hijau, dajjal sai baba, honeypot, green header,  m3510

Content Is The King!

Sudah lebih dari sebulan,  blog ini tidak saya update sama sekali. Akan tetapi jumlah pengunjung blog ini bisa dibilang tetap, tidak mengalami penurunan yang semakin buruk atau bahkan drastis. Setiap harinya, blog ini mendapat kunjungan lebih dari 100, padahal saya tidak melakukan upaya apapun.

content is the king!Lebih jauh, bisa dilihat kalau ternyata pengunjung yang membuka blog ini sebagian besar karena mesin pencari dengan kata kunci yang itu-itu saja. Dan posting yang mereka baca juga posting yang itu-itu juga 😀 Hal ini membuktikan dengan jelas kepada kita bahwa konten dari suatu blog memanglah menjadi raja yang amat sangat menetukan traffik satu blog. Tidak dapat dipungkiri bahwa posting-posting dengan kata kunci yang tepat dan memang terasa relevan terhadap keyword tertentu (terutama pula yang ada gambarnya) menjajikan untuk mengantarkan pengunjung blog yang banyak.

at a glance [wordpress]Tak heran hal tersebut terjadi pada blog ini, mengingat saya mendaftarkan blog ini sudah sejak tiga tahun lebih yang lalu, dengan jumlah posting dan tag yang sebegitu banyaknya, memungkinkan banyak keyword terarah ke sini.

Kado Ultah dari Blog Ini

Sungguh di luar dugaan saya, bahwa kemarin saat hari ulang tahun saya ternyata Blog ini mencetak rekor baru dalam hal statistik pengunjungnya dalam satu hari. Yup, hari terbanyak pengunjung blog ini terjadi pada saat saya berulang tahun kemarin (tanggal 16 Agustus).

Kado Ulang Tahun

Wah, jadi seneng juga, ternyata walau jarang diupdate blog ini bisa memberikan sumbangsih kepada semua orang yang pernah membacanya. Maih sangat jauh bagi blog baru saya www.abouttiyo.web.id untuk bisa menyamainya.