Menjadi Blogger Mandiri

Sejak pertama kali saya menorehkan tulisan pertama di blog ini, saya tidak pernah berhenti untuk selalu mencoba belajar menjadi blogger yang lebih baik. Meski keinginan itu kadang pasang surut, kadang naik, kadang juga turun. Pernah saat saya amat mencintai blog ini, hampir setiap 2 hari saya mengupdate blog ini, apa pun yang terjadi saya sempat – sempatkan untuk membuat posting, meski harus ke warnet sekalipun. Namun pernah juga blog ini selama berbulan – bulan tidak saya urus, mungkin karena terlalu sibuk dan lelah dengan aktifitas offline, atau juga karena sok sibuk di blog lain saya, terutama yang self-hosted.

Semenjak beberapa bulan terakhir, gairah saya untuk ngeblog serasa bangkit lagi, saya aktif di bebrapa blog saya sekaligus, termasuk di abouttiyo dan juga Sevenroots Media. Saya kembali merasa bahwa ngeblog merupakan jalan hidup bagi saya, saya kembali melihat kalau dengan memanage blog jauh lebih bermanfaat daripada cuman bermain Facebook tanpa menyadari terlalu banyak waktu yang terbuang sia – sia. Dengan konsen di blog, ke depan saya bisa saja menjadi seorang content writer bagi blog – blog luar negeri (satu mimpi nih), atau juga seorang Themes Developer, atau juga freelancer, yang bisa menjajakan keterampilan design, coding juga writingnya bagi pihak lain. Mimpi terbesar saya adalah memiliki blog yang lebih mirip portal berita, katakanlah seperti Mashable.com atau techcrunch.com.

Namun saya juga sadar kalau saya tetap pada kondisi saya seperti ini hal tersebut tidaklah akan bisa terwujud dengan cepat. Ngeblog memerlukan lebih banyak fokus dan konsentrasi daripada bermain – main di Facebook. Seorang blogger yang sungguh – sungguh dengan mimpi seperti itu haruslah menjadi blogger yang lebih mandiri daripada apa yang saya jalankan sekarang. Bagi yang tahu saya dengan sebenar – benarnya mungkin tidak akan kaget kalau selama empat tahun lebih ini saya ngeblog dengan tanpa memiliki komputer, dan juga koneksi yang mandiri. Saya lebih banyak memanfaatkan fasilitas yang ada di kantor daripada berusaha menjadi blogger mandiri. (Ga apa – apa lah, anak – anak kalau makai internet paling juga buat facebookan, mendingan saya, jauh lebih berguna tho? )

Untuk itu, mulai saat ini saya akan berusaha untuk menjadi blogger yang mandiri, dalam artian punya gears buat itu semua atas nama saya sendiri. Meskipun tidak bisa saya wujudkan dalam waktu dekat, mungkin Agustus tahun depan, atau bisa jadi lebih lama lagi. Gears wajib tersebut antara lain adalah :

ASUS Eee PC 1215NYup, pertama ya jelas laptop, untuk laptop yang saya perlukan minimal ya yang punya spec setara dengan ASUS Eee PC 1215N seperti gambar di samping lah. Dengan layar 12 inci sudah lumayan lebar, RAM 2GB juga sudah cukup kenceng, HDD 320 GB dah bakalan jadi komputer yang paling lapang ruang penyimpanannya sepanjang sejarah saya menggunakan komputer. Kalau dengan menabung sendiri ya paling sampai Agustus tahun depan atau lebih, syukur – syukur deh bisa dapet Acer Iconia, hadiah dari kontes Tablet Android Honeycomb Terbaik Murah, biar lebih cepet ngejar targetnya. Amin🙂

Telkom Speedy

Yang kedua juga sudah tidak usah ditanya lagi, saya juga harus punya koneksi internet yang mandiri, yang bisa saya pakai dimanapun saya berada, termasuk di rumah saya yang lumayan jauh dari kota sekalipun. Karena koneksi bagi seorang blogger ibarat darah yang menghidupi jiwanya, tak pelak, saya harus memilikinya.

Kenapa saya menulis ini?

Hanya sebagai review dan penyemangat diri bro, juga sebagai statement kepada dunia untuk bisa menjadi saksi bersama tentang impian, target dan harapan. Pernah baca The Power of Kepepet karya Jaya Setyabudi? Ini juga salah satu wujud praktek saya setelah membacanya, jadikan mimpi dan semua target bisa dilihat orang lain agar bisa memacu diri kita sendiri! Pernah baca juga 10 Jurus Bisnis Terlarang karya Ippho Santosa, terutama yang ada kaitannya dengan ulang tahun, ini juga wujud dari penerapannya.

Pokoknya kita jadi orang harus punya impian, target dan rencana. Harus tau kita harus seperti apa pada waktu beberapa bulan kedepan, dan juga langkah apa yang musti kita tempuh untuk mencapainya. Semangat sodara semua, selamat berpuasa!

13 thoughts on “Menjadi Blogger Mandiri

    • Yups, thanks udah komen bro. Btw, namanya panjang banget, awalnya mau saya edit tapi ga jadi. Kasihan situ dah capek2 komen, (dan nggak ngasal) masak SEOnya mau saya rusak.

      Salam kenal bro. Salam semangat!

  1. numpang tanya biar blognya banyak yang liat gimana… soalnya blog sya sudah sya atur hingga semua saran dari blog2 lain saya ikuti tapi hasilnya tetap saja kurang memuaskan…

    • Pertama – tama, saya bukan seorang expert sebenarnya. Saya ngeblog juga cuma sebatas hobby dan blog ini juga jumlah pengunjungnya rata – rata dibawah 100 dalam sehari.

      Tapi kalau dimintai saran sih ya bisa2 aja, menurut apa yang sudah saya tahu lho ya🙂, ini adalah saran saya tentang blog anda:
      1. Pakai WordPress lebih baik, sepanjang saya ngeblog di sini sejak tahun 2007, saya juga sudah mencoba aplikasi blogging lainnya, termasuk yang anda gunakan, blogger, tapi saya lebih senang wordpress, karena secara naluriah wordpress sudah lebih SEO friendly, jadi harapan untuk menjaring pengunjung dari mesin pencari lebih besar. Namun jika anda berencana menjadikan blog sebagai sumber income kecil2an, bloggerlah jawabannya karena wordpress tidak mengijinkan anda untuk melakukannya.
      2. Pilihan warna blog anda, pink, putih, violet dan abu2, nampaknya kurang enak dipandang, kenyamanan dalam membaca juga menetukan kunjungan balik pembaca blog.
      3. Lebar blog, saat ini kebanyakan orang Indonesia menurut perkiraan saya menggunakan layar dengan resolusi 1024×768 piksel (termasuk saya). Blog anda kurang nyaman bagi saya dengan lebar yang mungkin lebih cocok bagi mereka dengan layar 1280px atau lebih, saya harus menggeser scroll bar untuk melihat content utama anda yang terlalu ke kanan.
      4. Komentar/blogwalking, sudah anda lakukan.

  2. Salam kenal ya…Saluuut buat km, kl sy baca ternyata slama 4 thn ngeblog tanpa punya PC ++ (mean internet connection) itu We Ow We bgt, cool. Sy suka bahasa kejujuran kamu, terus terang jd menginspirasi sy untuk memulai bbrp hal yg jadi target sy bbrp waktu terakhir ini.

    Karena tulisan km membuat sy berfikir bahwa sy gak sendiri, hal yg slama ini sy sesali dimana km malah membuat na jd pemicu itu menurut sy positif sekali.

    Thanks ya buat inspirasi na.

  3. Ping-balik: Tahun 2012, Sukses di Internet itu Wajib! - AboutTiyo.web.ID

  4. Ping-balik: Menjajal Fedora Designer Suite Spin - AboutTiyo.web.ID

Tinggalkan Balasan

