Full Samsung M3510 Review

Ok deh, menuruti request dari sobat Yokhie seVen kemarin yang memberikan kometar di posting saya terdahulu tentang Samsung M3510, yang saya sendiri merasa kurang lengkap. Saya akan memberikan review yang lebih lengkap lagi tentang ponsel ini. Langsung aja, nggak banyak ini itu ya .

1. Fitur Extra [Musik]

Saya mulai dengan fitur yang diunggulkan ponsel ini. Yang paling menarik adalah kemampuan musikalitas yang disertai dengan shake controlnya. Meski menurut saya kurang bisa berguna, karena memang dari pihak Samsung sendiri mengakui fitur ini kurang maksimal, sehingga saya memilih untuk mematikan fitur ini saja. Saya paling sering mendapati fitur ini bekerja adalah saat meletakkannya di atas meja, dengan sedikit mengetukkan badan ponsel dua kali, maka otomatis player musiknya bisa mati sendiri. Selain juga bisa bekerja untuk aplikasi tambahan bawaan ponsel ini.

Terlepas dari itu, mari kita mencoba untuk melihat lebih dalam ke kemampuan player musiknya sendiri. Bisa dibilang suaranya sudah cukup enak, nggak ada kekurangan kalau mau didengarkan tanpa headset. Cuman satu – mungkin karena terbiasa dengan suara yang lebih keras – saya merasa kurang kenceng aja, karena kalau dilihat fisik speakernya jauh lebih kecil dibanding Motorola W388 saya, apalagi BenQ C30. Tapi soal kwalitas, jelas lebih baik, posisi speaker juga menggunakan earpiece depan, jadi suaranya bisa lebih terdengar natural.

Bagaimana jika didengarkan menggunakan headset? Mantab bro, saya sangat senang mendengarkan Leave Out All The Rest dan Lying From You punya Linkin Park lewat headset ini. Suara bass yang dihasilkan mantab, besar tapi nggak pecah sama sekali. Samsung emang pinter ngracik headset ini, beda dengan headset standar lain yang saya pakai sebelumnya, kalau terlalu kenceng bikin kuping keder. Disamping itu sudah ada Equalizer yang jumlahnya 12. Tampilan player yang sudah support clipart juga makin membuat cantik rasanya. Kalau bosen juga bisa pindah dengerin radio saja.

2.Kamera.

Mengusung resolusi 2 Mpix, standar lah. Interface saat pengambilan gambar juga sudah intuitif. Sama halnya dengan saat menggunakan player musik, saat menggunakan kamera tombol di keypad juga berubah fungsi untuk mempermudah aktifitas kita. Mulai dari mengatur ukuran gambar, kwalitas, efek dan pindah cepat ke video semuanya ada. Daftar shortcut ini bisa kita temukan di option-shortcuts untuk musik dan option-camera shortcut untuk kamera.

Kalau dilihat dari softwarenya, juga sudah cukup mumpuni nih, setara denga  Symbian 3rd S60 edition lah. Walau memainkan player musik, tapi sudah bisa ndobel kamera dan juga aplikasi java. Yang saya rasa terlewatkan adalah shortcut musik yang ada di kiri body sebenarnya bisa saja digunakan untuk tombol take picturenya. Tapi Samsung nampaknya tidak melihat kebaikan dari pemikiran saya itu. Mereka tetap mempercayakan tombol tengah d-pad untuk mengeksekusi pengambilan gambar. Ditambah lagi dengan viewfinder yang agak menipu, karena photo yang kita ambil pasti hasilnya selalu lebih dari apa yang terlihat di viewfinder. Untuk sisi melebarnya pasti ada saja yang tadinya tidak terlihat jadi muncul di foto hasil jepretannya.

3. Konektivitas dan Memory

Nggak usah ditanya soal ini, dah ada bluetooth yang supposrt A2DP, meski saya belum nyoba pakai headset yang pakai kanal bluetooth. Tapi kalau dipakai transfer data dah lancar dah. Ketika digunakan sebagai modem juga relatif cepat. Karena selain menggunakan jalur GPRS, Samsung M3510 ini juga mensupport kanal data EDGE.

Urusan memory apalagi, dari spec-nya sih kita bisa pakai MicroSD yang punya kapasitas 8 GB. Walau dalam paket penjualan kemarin saya nggak menemui sebiji MicroSD pun (dan sampai sekarang belum juga saya carikan, males ke solo, Sragen adanya cuman 2 GB), tapi memory internalnya yang 40 MB sudah bisa menolong lah, kalau Cuma mau nyimpen lagu favorit dah bisa muat sampai 9 lagu dengan bitrate minimal 128 kbps. Satu lagi, alokasi untuk aplikasi Java nih yang saya rasa perlu ditambah, soalnya cuman ada space 4 MB untuk mengakomodasi ini. Jadi ya agak terbatas jumlah aplikasi yang bisa kita install.

4. Ponsel, tetaplah Ponsel

Mau secanggih apapun, yang namanya ponsel haruslah mencukupi kapasitasnya sebagai ponsel, nggak boleh dikalahkan dengan fitur tambahannya. Secara garis besar juga sudah bisa mengakomodasi semua fungsinya sebagai ponsel, adanya setup wizzard sudah sangat membantu untuk mengatur settingan ponsel. Untuk aktifasi gprs juga sangat mudah. Sepanjang saya menggunakan Motorola, belum pernah bisa saya menggunakan jalur data pada kartu xl saya. Tapi begitu pakai ponsel ini, langsung bisa ON. Tinggal pilih saja profilnya, nggak perlu ngisi APN dan lain-lain. Begitu ganti IM3 juga gampang, pilih aja jalur koneksinya ke indosat, beres.

Untuk perpesanan, Ok coy, sms biasa, email sejauh ini yang sudah saya coba setting, lancar saja tuh, sudah bisa kirim email langsung dari ponsel dengan menggunakan account email blog berbayar saya. Ditambah lagi ada fitur block list untuk meblokir orang-orang yang tidak kita inginkan menghubungi kita. Lewat semua jalur, call, sms, email, mms semuanya ada fitur ini.

Satu hal yang bikin saya agak gusar adalah suara ringtone dan juga sms yang terdengar terlalu pelan. Saya seringkali melewatkan membalas beberapa sms ketika berada di keramaian. Karena sama sekali nggak mendengar ringtone tersebut, meski sudah saya setting maksimal.

5. Design

Nggak boleh dilupakan juga nih, design, tampilan sosok ponsel tersebut. Sekilas pandang sangat ergonomis, dengan dimensinya yang langsing dengan ketebalan nggak lebih dari 1 cm. Layarnya juga terlihat cukup luas dengan diagonalnya yang sudah 2 inchi. Disokong dengan resolusi yang sudah menjadi standar 240 x 320 sangatlah apik dengan ketajaman warna 16 juta.

Selain menggunakan headset bawaan yang juga menggunakan interface transfer data dan juga charger sebagai lubang eksekusi semua lagunya, juga ada lagi colokan headset satunya lagi tepat diatas-kanan ponsel, sehingga saat ditaruh disaku, dengan headset terpasang tetap nyaman. Dibawah lubah headset standar tersebut ada tombol shortcut pengatur volume, increase dan decrease. Sedang di sisi sebaliknya, di bawah colokan kabel data ada shortcut untuk player musiknya. Meski terasa tumpang tindih dengan shortcut yang ada di atas keypad untuk urusan ini.

Tombol shortcut di atas keypad itu saya rasa justru kurang mendukung saat interface di layar berada pada player musik itu sendiri. Karena fungsinya dengan tombol d-pad sama persis. Cuman lebih tegas aja, kalau dengan d-pad mungkin saat ingin mem-pause musik dan ponsel dalam keadaan tidak siaga (layar sudah padam), harus dipencet dua kali, dengan tombol itu, apapun kondisinya cukup sekali saja. Tapi saat kita menggunakannya sembari browsing dengan Opera Mini ™ semisal, tombol ini sangat membantu, kita bisa langsung mengontrol player musiknya dari sini.

137 thoughts on “Full Samsung M3510 Review

  1. Tambahan nih untuk kekuatan baterai.
    Dari kemarin saya ngecharge, juga kira-kira jam segini,
    dengan penggunaan normal, sedikit mp3 dan sesekali mebuka opera mini™ level baterai masih bertahan di 2 strip dari total 5. Dan biasanya masih kuat sampai besok.

  2. wah selamat ya. jadi salah satu pemenang kontes review alnect computer. meskipun belum mendapatkan hadiah sesuai harapan setidaknya dari kemenangan ini bisa menjadi penyemangat, menjadi pembakar, menjadi cambuk untuk meningkatkan kreatifitas dan kualitas tulisan/review. untuk menghadapi kontes alnect ke2 atau kontes review lainnya. tetap semangat ya.. jangan pernah putus asa..

    ditunggu komentar berkualitasnya dalam tulisan ‘Rumah Impian…’.cheers..

  3. saya mo tnya.. ni hp dukung multitasking ga? cnth x klo lg buka opera mini bsa ga kluar tuk buka sms tanpa hrs nutup opera mini ny?
    thx.. dtgu tanggapannya..

    • Menu-Application-Games and more.

      Kalau punya saya menu itu saya ubah ke my menu [tinggal klik arah ke atas d-pad] biar mudah. Cara ngatur my menu:

      Menu-Settings-Phone settings-My menu.
      Happy trying n explore your stuff bro.

    • Bisa aja, mengapa tidak.
      pergi aja ke setting, memory setting, default memory.
      Tinggal pilih memory card untuk semua sub-menu, maka semua file rekaman, photo, downloadan, semua disimpen di memory.

  4. salam kenal, mau nambah bro…sebenarnya aku pake yang star…cuma habis beliin bwt istri tercinta…ada satu lagi kegunaan dua port yang disediakan d handset ini, dua-duanya bisa difungsikan secara bersamaan…jadi bisa pake handset bawaan di port samping kanan sekaligus pake handset 3.5mm…jd bisa sharing dengerin musik ma istri tercinta…bravo SAMSUNG….!!!!

  5. hi lam kenal..
    aku lagi bingung nih…mau ganti SE W302 ku dengan BEat B ini..sepadan gak ya…
    soalnya takut ntar udah diganti eh malah gak lebih baik…pan parah tuh…
    gimana pendapatnya??? ditunggu ya..
    thanks a lot..

    • Kalo dari penglaman aku sih,
      pernah lihat juga punyane temen W302
      layarnya nggak bikin kita puas sama sekali.
      selain yang cuman 170 x 220 px, juga baru 262k

      musiknya? lom bandingin sih, tapi kalo diminta pendapat sih aku dah mantep banget dengan beat b

  6. Aku skrg pake Nokia 5130 Xpress Music. Tp setelah beberapa bulan pake, rasanya pengen banting nih hp, soalnya kontras layarnya sangat buruk, klo ada warna terang seperti putih ato kuning, keliatan terlalu terang sehingga bikin silau mata, parahnya tidak ada pengaturan kontras😦
    Klo aku pake tema ato wallpaper, aku pilih yg warnanya gelap biar gak sakit mata, bener2 menyebalkan. Oia ada lg, klo layarnya diliat dari arah agak ke kiri, bagus, tp klo dari tengah dan kanan, gelap total.

    Sebenarnya secara keseluruhan 5130 lumayan, cm ada 1 kekurangan yakni kualitas layar, tp justru itu yg vital.

    Pengen aku ganti hp, kayaknya Samsung M3510 msk nominasi hehe… Thanx utk pemilik blog ini, infonya lengkap bgt bro🙂

  7. hi. aq bru nih make m3510 sjauh ini aq liat kkuranganx memang cma dua: yg ptama itu ruang bwt aplikasi sempit (4mb) trus yg kdua loudspeakernx pelan. tpi mnurut aq mmang sngaja dpelankan. krna speakenx kcil jd biar g pcah. hbtnx lyrnx gak punya ‘titik buta’! POKOK E LUAR BIASA BWT HP 800an.

  8. Hi bro..cuma mau nambahi.. Klo untuk viewfindernya ada 2 pilhan settingannya,yaitu tampilan layar penuh dan tampilan rasio standart. Kalo yang nggak menipu pake aj yg settingan tampilan rasio standart.. Samsung m3510 cip..!

  9. Aku pakai Beat B 3510 dah 6 bulan sangat ok,layar jernih dan suara nyaring sebanding Nokia 5310. Menurut aku kekurangannya di memori Apl Java yang hanya 4 MB. Untuk Batray memang aneh,strip terakir yang paling awet.

  10. Akhirnya aku udah beli M 3510. Aku rela jual Nokia 5130 utk beli ni hp. Satu kata, memuaskan ^_^

    Fitur2nya klo aku liat cukup lengkap, ada music player kualitas ok, kamera kualitas lumayan, video player, radio, internet, layar 16 jt warna.

    Cuma kekuarangannya ya seperti yg disebutkan teman2 diatas, space memory utk aplikasi Java cuma 4 mb, tp sejauh ini aku merasa cukup aja sih, aku udh pake utk simpan Opera mini, game2, dan aplikasi lain totalnya 2,9 mb.

    Ada lg kekurangannya, yaitu kualitas headset bawaannya kurang nendang, jd aku coba pake headsetnya N73 punya sodaraku, ternyata kualitasnya jd lebih nendang, bassnya jd mantap. Aku pake stel lagunya Duo Maia – Pengkhianat Cinta, terdengar top abiz. Tp ya gitu, headsetnya pake punya N73.
    Tp hal ini sama dgn Nokia 5130, headset bawaannya jelek, malah lbh jelek hedset kepunyaan 5130, suer.

    Untuk kecepatan Internet, aku rasa seri dgn pnya Nokia 5130. Sama2 lumayan cepat.

    Hp ini termasuk yg terbaik di kisaran harga 800 rb – 900 rb. HP merk2 lain yg dikisaran ini adl SE W205, LG GM200, Motorola EM30. SE W205 ukuran layarnya terlalu kecil, LG GM200 aku baca di tabloid klo ngetik sms agak lambat, Motorola EM30 tema standarnya jelek bgt (menurutku).

  11. kr2 skrg 3510 beat hrganya brp ya? da 800rb lum?coz duit cekak..aah jd pgen. tp msh pgn nokia 5130..tp kok da yg blg bguzn beat. uh bingung.. eh ada voice recordnya ga? coz bwt jaga2 kl da lomba nyanyi korea..q mo kirm voice recordku aja..kyk tahun lalu hihihi

    • Ada, komplit kalau cuman mau rekam suara bisa-bisa aja.
      Bahkan kalau lagi dengerin radio n nemuin lagu asyik tapi ga tau siapa yang nyanyi n judulnya apa bisa dicari tahu lewat music recognition.

  12. haluww..tanya lg ni..bis lht model sodaranya 3510 beat..jd pgn tau kalo ma samsung M3200..mahalan yg mana..ya? kok kyknya sulit dicari tuh tentang harganya yg plg update. kan tu 2 samsung msh sodara seperguruan. btw thanx jwbnnya..ya.

  13. Oia mau nambahin lg, ternyata menu di kameranya lengkap jg. Ada mode mozaic shot, dimana dgn menggunakan fitur itu maka kita bs bikin foto2 unik berdasarkan pilihan yg tersedia. Oia ada yg tau gak cara aktifkan sent message? Jd klo ngirim pesan, pesannya tersimpan di sent, punyaku ga tersimpan soalnya, en aku utak atik di setting kok ga ada ya??
    Thx

    • Yups, bener tuh tentang kameranya.
      Kalo tentang message, kayaknya kita mesti pake option dulu deh pas mo ngirim, kalo pake option – save and send, sebelum ngirim pasti nantinya ada.
      Tambahan lagi, kalo mau ngirim ke banyak, maksimal 20 orang saja, tak cari-cari ga ada pilihan send to all.
      Kalo settingnya emang ga ada, paling adanya laporan sms dah nyampe doank.

  14. @ Kamtizone, oia udah aku coba dan bisa🙂
    Biasanya aku pilih “send only” makanya ga kesimpan. Thx ya bro.
    Oia gara2 artikel bro ini gw jd beli m3510 deh hehe… Sukses slalu!

  15. Mau sharing lagi nih, aku barusan nyoba putar musik pake speaker Altec standard (tanpa subwoofer), pake utk dengerin lagunya Hello – Ular Berbisa, hasilnya nendang bgt. Equalizernya aku pilih Surround. Disini terdengar jelas suara bassnya dan suara dentuman drum lebih berasa. Aku jg nyoba putar lagunya Offspring – Pretty Fly hasilnya tokcer…!

    • @ari
      Sejauh ini lom nyoba nyari-nyari aplikasi yang bisa nampilin video penuh bro.

      @bawahku, roy
      Emang dimana bro,
      solo masih ada kemaren.
      Untuk aplikasinya emang ga bisa.
      Kalaupun ada file jar yang dimasukkin di mmc juga gak bisa dieksekusi
      bisanya ya download -install. kalau kehapus ya download lagi. ini yang bikin ga praktis.

      ==================================================
      Tambahan nih.
      Sejak sepekan lalu saya telah membuat blog khusus untuk membahas hand phone ini
      Semua tentang hp ini akan saya bahas di All about Samsung M3510 Beat b
      Saya harap bisa membantu sesama pengguna dengan berbagi informasi yang bisa saya beri, saat ini baru ada 4 posting, namun akan saya update sebisa mungkin.
      Paling dekat, akan ada posting tentang konfigurasi setting email, gmail dan yahoo.

  16. ngliat reviewx aku jd ikutan tertarik nech ma hp ney…

    slm ney gak pernah mke samsung,, jd pgn nyoba jdx..

    qra2 msh da gak yach d kotaQ hp ney…

    maw tanya nech brow…

    klo buat aplikasinya pa gak bs d simpen d mmc..???

    thanks…

  17. Mau tanya ama yang punya HP ini,
    1. Ada yang pernah nyoba play video di HP ini? gimana hasilnya? MP4 dan 3gp patah2 gak?
    2. Bisa putar format video flv gak?
    3. Apa emang bisa buka pdf? jadi kecil donk tulisannya?

    • 1. Bisa saja, hasil default untuk record dia sendiri mp4, lancar aja tuh.
      2. Bisa kalau lewat you tube, pakenya blot browser. kalo file lom nyoba, tapi kayake ga bisa.
      3. Ga kecil kok, khan bisa full screen, di zoom juga bisa.

  18. kpikiran wat ganti K800 gw yg joysticknya dh mengganggu (downgrade emg) modelnya bgus c, bs kunci sms jg.. tp klo mw masukin aplikasi bisa lwt blutut ato transfer d mem. card gag?

  19. Aku dah punya ni hp 6 blan yg lalu coy…
    dan hsilnya.. Sangadh2 memuskan…!!!
    kl pketan hpku dpt microsd 1gb, mantabbhh…!!!
    pokokke m3510 perfect di hrga segini….!!! Gak ada yg bsa ngalahin…!!!

  20. Boz mo nananya nih gmn cara seting Modem di Pc dan gmn juga cara setting Email dg akun Gmail?gw dah coba tp ttp gagal trs trutama Email.tolong jelasin step by stepnya boz coz gw orangy agak kuper.Klo bisa kirim lewat Email aja boz.Sory jd ngrepotin nih

  21. gw baru aja beli hp second m3510 masih mulus banget kaya baru..
    harga 800rb dapet msd 1gb, gara gara motorola e680 punya gw ngehang trus gw jalan jalan ke itc cempakamas kemaren gw liat ni hp designnya ama warna merahnya keren banget, gw ubek ubek gk ada hp sekelasnya yang sekeren itu… waktu gw nyobain headsetnya top abis..langsung deh gw beli..sampai pagi ini gw lagi ngubek ngubek reviewnya di internet…

    -masalah aplikasi gk usah banyak banyak 4mb cukup..coz kalau mau aplikasi tempatnya dikomputer bukan di hp..udah cape dari dulu ngotak atik hp mlulu..komputer aja dah paling top kalau mau aplikasi2an🙂

    -theme bawaannya udah manstab abis designnya..gk usah gonta ganti..dah capek gonta ganti theme…

    kesimpulan
    gw baru tahu kalau samsung itu ternyata KEREN!🙂 puas gw beli ni HP kameranya udah cukup lah klau buat pajang pajang di FB🙂 tidur ah…

  22. sekali lagi ah komentar
    dengerin lagu nostalgila diHP ini manstab banget

    Chemical Brothers – Block Rockin Beat
    Paparoach – Last Resort

    gw dengerin muter muter kamar kaya orang gila sambil telanjang dada pake headpone, cobain deh pasti ikutan gila🙂

    1x lg SAMSUNG M3510 emang KEREN!!

  23. emang itu lagu lawas kan hahaha
    kalau lagu barunya
    netral – susu coklat

    jalan panjang ..lika liku..berlubang berbatu batu….
    hujan badai…angin topan….kulewati tepi kampung…

    manstab lah pokoknya…

  24. Gabung bro…
    baru 2 nih minggu pake samsung beat b.
    Yang jadi permasalahan sy sekarang:
    1. Output suara dari headset-nya koq gak sebagus Soner W810 sy (padahal kalo baca reviewnya bisa ngalahin sound dari Walkman)
    2. File dalam memory card ga bisa ditampilin semuanya (muncul warning message “52 character exceeding apa gitu)
    3. Untuk koneksi internetnya amat sangat mengesalkan. Kadang bisa konek tapi lebih banyak gagalnya (Connection failed) dan harus retry berpuluh-puluh kali. Padahal sy sudah instal opera mini 4.2 dan ucweb 6.3 karena sy pikir browser standarnya yg bermasalah tp hasilnya sama sj. Untuk setting koneksi GPRS sy liat ga ad yg salah. Sy buat perbandingan dgn W810 sy melakukan koneksi internet secara bersamaan ternyata W810 bisa dengan mudah membuka halaman web tp samsung beat b sy malah gagal koneksi dan retry berkali-kali pun ttp ga bisa..Jadinya malu sm temen2 yg lg online facebookan di HP tapi HP baru sy malah impoten..Grrrrr.
    Mohon pencerahannya bro sekalian yg pada pake beat b…Please dibantu….

  25. Oke deh, saya jawab satu demi satu ya bro.

    1. Sejauh pengalaman saya dengan headset bawaan emang manteb banget kok bro, dari semua yang komen juga sudah terlihat khan. Bahkan ada yang berexperiment dengan perangkat sound lain.

    2. Berarti nama file anda terlalu panjang.

    3. Koneksi lancar saja tuh bro, emang sensitif juga sih, kalo lagi dirumah yang agak jauh dengan tower, teras ma halaman saja kekuatan sinyal berbeda, apalagi di kamar. Pagi ga pernah kok failed berulang-ulang terus gitu. Coba deh direstart hpnya kalau gitu.

    Salam🙂

  26. thx bro ats jawabanx.. sy prnh baca katax utk samsung tipe ini ad barang buatan cinax alias ga original n kualitasx rendah. apa pux sy trmasuk yg ga original ya? jadi bingung…soalx masalah blm dpt pnyelesaianx nih..

  27. q pengen banget beat b ini tapi dari komentar temen2 yg lain kok kalau suara ringtonenya kecil banget?

    gampang pecah apa gak loudspeakernya kalau dipake nyetel musik dengan volume paling pol?

    • Kalo kecil itu kemaren ringtone smsnya, tapi kalau pilih tone lain juga ga kecil kok.

      Kalo dipakai mainin musik tanpa headset cenderung kalem, tidak keras2 amat seperti ponsel2 china, jadi tetep enak saja di telinga nggak pecah, tapi kalau pakai headset mengalun dengan mantab.

  28. thanks jawbannya bro..
    q tanya lagi nih,
    1. kalo waktu buka aplikasi kayak game ato operamini bisa terima sms ato telpon masuk gak?
    2. bisa download tema gak? biar gak bosen gitu tampilannya..

  29. satu lagi yg lupa q tanya bro.. kl sms ada pilihan insert gambar emotion kayak SE W350 gak?
    thanks bro, ta tunggu jawabannya..

    • Bisa semua bro, kalo pas di aplikasi ada sms masuk biasanya bunyi notifikasi.
      Tema sejauh ini ga ada tempat download, tapi yang ada saja dah bagus menurutku, menu transisinya juga keren kok.
      Sms pake emoticon juga bisa saja, pilih menu insert pas ngetik sms.

  30. Nih kalau pengen supaya suaranya jadi kencang

    1)ketik *#0206*8378#
    nanti muncul “Test Mode”.

    2) pilih H/W Test

    3) pilih Audio Settings”

    4) pilih MP3 spk

    5) PILIH Rx vol.

    nanti muncul angka unutk setiap level volume

    sperti ini
    1) 30
    2) 40
    3) 54
    4) 72
    5) 96
    6) 128
    7) 172
    8) 230
    9) 324
    10 ) 408
    11) 544
    12) 720
    13) 968
    14) 1300

    nah kalau mau kenceng, langsung aja ganti
    12) 2000
    13) 5000
    14) 9000

    kurang kenceng?? tambahin lagi semaumu…selamat menikmati

    ulangi hal yang sama untuk
    memperbesar suara headset, suara midi, suara ringtone dll

    ENJOY IT!
    I LOVE SAMSUNG!!

  31. nah kalau yang mau instal aplikasi begini caranya…

    download aplikasi dari internet, getjar.com misalnya

    nanti hasilnya berupa .jar

    syarat untuk instal di HP ini kudu ada .jad

    jadi download aplikasi makejad disini

    http://www.softpedia.com/get/Internet/Telephony-SMS-GSM/JADMaker.shtml

    kemuadia masukan kedua file tersebut (.jar .jad) lalu jalankan .jad dan install

    nah masalahnya HP ini dibatasi hanya yang dibawah 500k yg bisa di install bagaimana kalau diatas itu

    gampang

    1) ketik *#52828378# nanti masuk menu JAVATEST

    2) pilih OTA test

    3)ganti “Maximum JAR size (KB)” ke berapapun tapi maksimal 2048 KB

    mudah kan..

    ENJOY IT!
    I LOVE SAMSUNG!!

  32. bro kalo pake aplikasi ‘make Jad’ ntar jadi gak praktis donk, kalau misalnya download game atau aplikasi via hp harus diconvert dulu dijadikan type Jad.

  33. salam kenal.mas ma tanya, saya baru beli hape ini,tapi second.saya mau buat daftar lagu,tapi kok ngambil file lagunya hanya bisa diambil dri memory hp,ga bisa dari memory card.bagaimana cara mensetting daftar lagunya agar file lagu di memorycard bisa diputar,mohon petunjuknya?emang aku yang gak tau,atw emang hpnya udah eror soalnya tak cari2 caranya belum ketemu.
    oh ya, bagamana jika kita donlod aplikasi lewat PC trus mau instal di HP,kayak opera mini,atw games?
    thanks..

    • Gini mas, normalnya, kalau memory dah discan hp semua lagu ada dalam library, nah kalau mau buat playlist biasanya setelah nulis nama, kita save tinggal nambahkan lagunya.

      Nah milih lagu ini berdasarkan apa yang ada di library tadi. Jadi semua lagu harusnya sudah ada, tinggal pilih.

      Kalau buat install game ada beberapa trik lebih banyak di http://m3510.wordpress.com, blog saya juga tuh.

      • mohon petunjuk lebih jelasnya mas.saya sudah buat daftar putar trus untuk isi daftarnya cuma bisa diambil di memory hp.trus gambar folder daftar putarnya ada gambar hp,bukan gmbar memory. apa itu sebabnya?trus bagaimana ya mas?

  34. Lha terus normalnya isi library panjenengan apa?
    Kalo gambar ikon play list ada gambar folder sama hp punya saya juga sama mas.

    Penyebabnya ya kurang tahu lah, mungkin karena itu pemiliknya yang dulu ngejual tuh hp.

    • ya mungkin itu mas. mau tanya mas,emang gambar folder playlistnya hanya gambar folder biasa atau bagamana?kalau disini gambar foldernya ada ikon hp didepannya.kalau memorynya sudah bisa dibaca,kayak penyimpanan hasil foto,video dan lainya bisa langsung disimpan dimemory.cuma playlist lagu aja,jadi playlistnya hanya terbatas lagu yang bisa disimpan di folder music memory hp jadi hanya 5-6 lagu aja.atau emang begitu?

  35. saya bantu ya mas ali

    1. Pastikan pada waktu menstransfer file mp3 masuk pada memory card bukan pada memory phone

    2. pastikan masuk pada folder Music bukan folder sound.

    cara mensetting daftar lagunya agar file lagu di memorycard bisa diputar:

    klik playlist
    klik option
    klik create playlist
    ketik nama untuk playlist
    klik option
    klik save
    pilih playlist yg baru dibuat
    klik option
    klik add
    klik tracks
    nah pilih deh lagu lagunya……
    selesai deh ^^

  36. Salam, Mw tanya nih.. Sy dh pake beat b sktar 4bln. Overall sy ckp puas dgn kualitas suarax via headset. Cm kekuranganx hanya suara bass krg nendang/deep dan suara treblex trlu tggi. Sy pk setting equalizer Rock yg sy rasa plg bgz dr semua setting equalizer. Ada gak yg tau cara setting equalizer atw frekuensi soundx secara manual atw secret code setting equalizerx biar kt bs ubah setting standarx..??? Mohon bantuanx…

  37. Mau tanya situs web yg cocok buat beat b untuk mendownload mp3 yg lengkap. Sebab kalo saya download mp3 di situs web tertentu, malah ada peringatan d hp”Mendownload gagal format file tidak mendukung. Tolong kasih tahu situs web yg cocok buat beat b. Terima kasih.

    • File Apa saja dari situs mana saja sebenernya bisa bro, asal setting file tersebut sesuai. Kalau nemuin yang error aku biasa meng encode ulang pake dbPowerAMP, coba aja deh googling.

      Setelah di encode biasanya lancar.

  38. Gabung”’Gabung….Mo tanya nih…
    1. Hasil voice adn radio record formatnya apa dan berapa kbps
    2. Ada gak tuh fitur di hape ini buat menolak panggilan/sms waktu kita nrekam radio maupun voice. Matur Nuwun….

  39. dah pernah bandingin suaranya sama Nokia 6233 lum? suaranya lembut, kencang dan uenak poooool.
    trus bgm dengan GM200 with Dolby-nya? yg penting suara dr speaker phonenya, soalnya gw jarang dengerin music pake headset.
    tlg jawabannya ya mas Anas Kamtiyono??????
    JUST 4 MUSIC…………….

    • 6233, hp yang dah lama sekali ya munculnya, awal2nya 3G nih kalo ga salah ya, sorry bro, selama ini perbandingan dengan temen seadanya, and kebetulan ga ada temen yang punya 6233.

      Kalau buat GM200 bandingin tanpa headset aku ga yakin patut diadu, bandingin aja dari speakernya, dah kejauhan. Kemarin lihat punya temen Samsung i550W juga ga keras banget, speaker juga cuman 1 kalo ga salah.

    • Kalo diperhatiin sih ga ada efek apa-apanya bro, cuman ngasih peringatan yang lebih panjang bahwa file tersebut diproteksi. Jadi cuman sebagai tanda kali ya, kalau file ini penting, buat jaga -jaga kalau ga sengaja mau hapus file tersebut.

    • Gampang Bro, masuk Menu-Settings-Application Settings(5)-Call(1)-All Calls(1)-Show My Number(1)-Pilih Hide Number(2).

      Angkanya menunjukkan urutan pilihannya, kalau saja kamu pake setting bahasa berbeda bro, mau jahilin orang ya bro😀

      N jangan sampe keliru masuk ke Setting-Phone Setting-Caller Information.

      Pilihan slider terakhir itu tidak akan membuat nomor kita tersembunyi, melainkan membuat informasi dari kontak kita malah hilang, semisal mendapat sms dari temen yang sudah ada di phonebook biasanya namanya jadi nggak muncul, adanya nomor saja.

    • kalau langsung download sudah otomatis terinstall dengan baik. Kalau mau manual, tinggal simpan file .jar n . jad-nya. Buka saja file jad tersebut, pasti langsung install sendiri.

  40. kalo intstal na tuh gmana ?
    kan saya download game dri internet d mobile9.com nah tp kuk ga da printah instal ya pdhl saja jg sudah download .jad nya
    jadi cara yg pasti nya gmana ?

  41. Bro,kalo download games tuk samsung beat ini kok ribet ya??
    ap si web tuk download aplikasi2 tuk beat ini??
    gw dah coba di mobile9 kok selalu ga bisa..
    gw baca di atas harus ad file jar sm jad ya dulu biar bisa kebuka..
    tapi di mobile9 file ya cuma Jar semua..
    tolong di bantuan ya bro??

  42. @newbe, lha tu dah ada halamannyan, kalau di download di komputer dulu masih error mending lewat mobiles24.com verso mobile aja, persis kayak getjar.com. Di situ juga ada quick downloadnya tho.

    Maaf ga bisa kasih jawaban detil,:mrgreen:

  43. kalau dibandingin motorola EM30 mana yang lebih bagus? soalnya saya nyari di Bali ndak ada yang jual samsung ini. thx

  44. mas TiKam(Tiyo Kamtiyono),sy dari dulu udah ngincer hp ini tp msh ngumpulin info sdetil”ny.Kbtulan t4 Q masih ada stok barunya.
    sy udah puas dgn prtnyaan n jawaban2 di atas.Tp sy msh pngen mastiin lg n ada bbrapa prtanyaan:
    1. apa ringtone sms nya benar bisa mp3?
    2. ada fitur blacklist nya g?
    3. stiap nomor hp bisa dikasih nada dering mp3 masing2 g?

    itu aja mas TiKam, hatur nuhun.

    • 1. apa ringtone sms nya benar bisa mp3?
      2. ada fitur blacklist nya g?
      3. stiap nomor hp bisa dikasih nada dering mp3 masing2 g?

      Semua jawaban peranyaan di atas adalah ya, untuk nomor satu durasi mp3 yang pas adalah sekitar berapa detik ya (lupa), kalau file yang kita masukin satu lagu akan dimainkan sepanjang durasi tersebut, kalau durasi filenya pendek bakal direpeat ampe habis. Nomor 2, ada, sms dan telpon, disamping itu, kalau mau sms, call log, phonebook, file juga bisa di password.

  45. info tentang hape samsung ini cukup lengkap sehingga saya dapat banyak informasi.namun yang ingin saya tanyakan apakah hape Samsung M3510 ini bisa digunakan untuk membuka sms sembari menerima panggilan telepon?soalnya hape saya, samsung J200< tidak bisa melakukan dua aktifitas tersebut bersamaan sedangkan hal tersebut sangat saya butuhkan untuk kemudahan berkomunikasi,beberapa tipe samsung yg lain juga memiliki kekurangan tersebut.
    mohon jawabannya yaa.trimakasih banyak

  46. Hi.. sob numpang nanya nih… m3510 ane bermasalah micnya.. soalnya kalo nelpon suaranya kedengaran sangat kecil di Hp penerima..
    kira2 apanya yg harus dibetulin sob.. ?
    thanks ya.. blognya sangat membantu sekali..

    • Ya sudah jelas tuh bro, mic, itu yang musti dibenerin, aku bukan teknisinya samsung, posting ini cuman media sharing n discuss so cari aja bengkel ato service center😛

      Nambah untuk pertanyaan di bawah, kalau password ya kamu sendiri yang tau bro, gimana nolonginnya🙂 Ingat-ingat dulu aja:mrgreen:

  47. sob… bisa minta tolong bukain kode pengaman bwt hp m3510 aku ga..? soalnya aku lupa kode pengamannya.. klo bisa tolongin gmana caranya.. ya..!
    thanks.

  48. Untuk game donlod aja file jar nya lalu simpan di memory card. Lalu bka mini commander cari file jar nya, truz tekan menu> make jad. Klo udah keluar truz restart hp/ cabut memCard lalu balikin. Truz bka file kan dah ada tu file jad nya tgal instal deh. Biarkan file jar n jad jadi klo mau instal lagi gampang, dan bisa di kirim ke hp laen. Dah dulu ya…!

  49. Gan, saya punya masalah dengan M3510 saya… begini critanya

    Sekitar sebulan yang lalu hp saya tiba2 suka restart sendiri. setelah servis di agen samsung yang asli (Jl. Diponegoro, Surabaya), kata mbaknya disuruh update software. saya nurut aja, alhasil hp menginap 2 hari. setelah menginap di sana dan saya bawa pulang, kembali kambuh suka restart sendiri, hanya saja frekuensi jadi lebih jarang. yang tadinya 10 menit bisa 2-3 kali bisa jadi 1 jam sekali atau 2 kali. akhirnya saya kembali ke samsung dan disarankan untuk update simcard (ganti simcard). jadi, saya ke indosat (kebetulan saya pakai mentari) untuk mengurus penggantian kartu tanpa ganti nomor.

    selama peralihan kartu dan tidak ada sinyal (pas itu indosat lagi trouble juga) hape ga ada masalah. setelah sinyal muncul, kembali hp saya suka restart sendiri. akhirnya saya kembali ke samsung dan di sana hape saya opname 3 hari. pas saya ambil, kata mbaknya “sudah di-running sama teknisinya, tapi ga ada masalah sama sekali, coba memory cardnya dilepas, mungkin itu yang bikin eror”. saya nurut aja, karena memang sepertinya kisah tentang hape saya di-running oleh teknisi itu benar, mengingat baterai hape saya sebelum opname masih full tapi begitu pulang sudah tinggal 1 strip.

    setelah saya bawa pulang, saya pasangi hape dengan simcard, tapi tanpa memory card. langsung restart lagi!!! sampai akhirnya saya juga mencoba bertukan hape dengan kakak saya yang menggunakan samsung galaxy fit dengan kartu simpati. hape saya tidak pernah restart selama 3 hari 3 malam dengan simcard simpati bersama kakak saya, begitu pula dengan galaxy fit kakak saya yang saya isi dengan kartu mentari saya.

    sampai sekarang hape samsung m3510 saya sudah memasuki tahun ke 2. apa yang salah dengannya? pemakaian normal, belum pernah jatuh, memory internal kosong, memory eksternal juga saya format dan masih dalam kondisi kosong. menurut teknisi tidak ada masalah dengan RAM maupun baterai. saya jengkel sekali ketika sedang terburu-buru mengetik sms sampai agak banyak tiba2 restart sendiri, kan jadi ilang tuh…😥

    • Kadang restart juga saya alami. namun tidak sesering punya kamu. Padahal kondisi punya saya jauh lebih hancur, sudah nginep juga diservice center, ganti mesin, EMEI jadi 0000 semua, jatuh sudah ga kehitung, casing sudah pada pecah – saya lem, mic sudah ga fungsi dari awal tahun ini.

      Mungkin sudah waktunya hp ini untuk ‘retire’ sehingga akhirnya saya minggu kemarin beli Galaxy mini buat nemenin dia. Walau sudah ga karuan, saya tetep cinta hp ini karena musiknya tetep ga terkalahkan.

      Saran saya, kalau mau di service sudah ga ‘cucuk’ biaya sama nanti semisal kalau dijual lagi. Mending kalau bisa dipakai normal di simpati ya pakai simpati aja dulu sementara.

      Sorry, cuman bisa kasih jawaban gini, karena secara teknis pengetahuan saya juga kurang.

      • wah, solusi berat nih kalo mesti pake nomor lain. soalnya saya sdh 8 tahun pakai nomor ini, sudah banyak yang tahu. lagi pula kalau harus nambah barang bawaan lagi kok ribet ya bagi saya? saya orangnya simpel, makanya nyari hp yang kecil2 beginian. saat yg lain lomba2 pake qwerty, tapi saya msh setia sm yg model beginian.

        kemarin hp saya bolak-balik ‘opname’ cuma bayar sekali 55rb yg update software itu, selebihnya garansi 1 bulan.

        makasih infonya mas. oiya, sekalian sharing. saya juga tanya di forum ini http://id.answers.yahoo.com/question/index;_ylt=AtHSkSmUYQLJOPa_Ug78dM2hRAx.;_ylv=3?qid=20110814023402AAq4ksa dan ada yang bilang samsung saya uncompatible dgn kartu indosat. apa semua hp samsung seperti ini? atau kebetulan hp saya aja? tp kenapa baru muncul kelulhan setelah 2 tahun pemakaian?

        mohon bantuan dari pengunjung lain juga yaa… saya dan bung tiyo sama2 ga ngerti nih…

  50. Incompatible?
    Kelihatannya ga deh, punya saya juga ga pa – pa kok pake Indosat (IM3), sudah hampir 3 tahun nomor saya itu. Seperti yang saya sebutkan di atas, restart kadang – kadang kalo (kelihatannya) kelebihan load saja.

    Ya nih, kalau ada yang tahu mohon tulis infonya di sini ya.

    • nah itu dia mas, temen saya juga ada yg pakai IM3 dgn samsungnya 5 taun juga ga masalah. tapi kemarin saya coba tukar hp dengen papa saya, pengguna Nokia dan mentari, beat saya juga suka restart. sementara kartu saya di nokia papa saya fine” aja.

      kesimpulan sementara saya, beat dan mentari saling sewot.
      menyedihkan sekali melihat mereka tidak akur……..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s