Download Anywhere, Using Bitorrent

Pernahkah anda mengalami kesulitan untuk mendownload dengan menggunakan jalur torrent? Jika ya, kenapa? Apakah karena kecepatan yang begitu lambat, share ratio yang kurang menguntungkan anda [seringkali kita belum dapet apa-apa tapi uploadnya sudah dua kali lipat😛 ] Atau karena [mungkin] koneksi yang terputus karena satu dan lain hal, sehingga anda kehilangan moment dimana banyak seeder dan leecher yang berinteraksi yang berpengaruh terhadap kecepatan download anda?

Satu waktu saya pernah mengalami yang terakhir itu, saat kita perlu satu hal untuk dapat segera kita punyai, tiba-tiba jalur internet lumpuh total karena bencana alam *wuih tembunge😛 * alhasil semua aktifitas berhenti total. Download tak bisa lagi berjalan sebagaimana mestinya, bahkan sampai berminggu-minggu. Saya akhirnya melakukan sedikit eksperiment, bagaimana caranya agar dapat tetap mendownload walau ditempat lainnya [warnet].

Hal yang saya lakukan adalah meboyong sistem saya. Tapi tidak perlu membawa-bawa CPU. Yang perlu kita lakukan cuma membawa file-file yang berkaitan dengan aktifitas download kita tersebut. Yang terdiri atas file yang belum selesai terdownload, file utorrent [instalasinya] dan juga file yang mengatur banyaknya dan kurangnya file yang kita download tersebut. Biasanya file tersebut terletak di C:\Documments and Setting\username\Application Data\utorrent\ semisal saya pakai utorrent.  Copy semua isi folder tersebut, file-filenya biasanya berekstensi DAT ada juga yang old.

Lantas, setelah sampai di warnet, kita install saja utorrentnya seperti biasa. Tapi lokasi installnya kita buat sama saja ya dengan yang ada di sistem kita, kalau yang beda saya sendiri belum pernah nyoba. Kalau dah selesai copy file yang kita download dan belum selesai tersebut ke folder yang juga sama persis dengan yang ada di sistem kita. Semisal kita mau download sebuah ebook tadinya kita simpan di C:\download\ebook ya kita taruh di situ, kalau belum ada ya buat dulu. Habis itu copy juga file-file yang berada dibawah naungan user account kita tadi [C:\Documments and Setting\username\Application Data\utorrent\]. Overwrite file yang sudah ada di folder tersebut.

Langkah terakhir ya download. Buka uTorrentnya maka otomatis akan nyambung dari apa yang sudah kita download tapi belum selesai tersebut. Happy downloading😀

4 thoughts on “Download Anywhere, Using Bitorrent

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s