Tips Ngeblog Asyik

Beberapa waktu yang lalu, sebulanan lebih kira-kira. Blog ini selalu sepi dengan postingan. Jarang-jarang saya memberikan posting baru, bahkan walau cuma satu posting seminggu sekalipun. Bahkan saya sendiri saja cuma untuk mengunjungi blog sendiri saja malas, apalagi mau memberikan posting.

Tapi itu beberapa waktu yang lalu, tidak untuk saat ini. Sekarang saya sedang semangat-semnagatnya untuk menulis di blog. Tidak cukup dengan blog ini saja yang saya tulisi, blog lama saya juga sedang agak kebagian banyak jatah posting yang lebih dari bisanya. Bahkan hampir tiap hari posting.

Kenapa saya bisa kembali senang untuk membuat posting setelah sekian lama saya menjadi blogger, dan kemarin-kemarin merasa bosan untuk posting? Jawabannya ternyata sederhana saja, kita hanya perlu menikmati aktifitas tersebut, apa saja kalau dasarnya hati sudah senang pastinya akan enak, bawaannya enteng.

Ok deh, langsung saja saya bahas, kiat-kiat agar kita bisa semangat lagi buat nulis di blog .

1. Apa yang terlintas
Tulis saja semua hal yang melintas di pikiran kita, yang kita ingin untuk menuliskannya di blog. Bahkan kalau sedang tidak pada keadaan online kita bisa saja menuliskannya dulu pada media offline – duh istilahnya😛 – di sekitar kita. Nggak perlu malu dengan apa yang akan kita tulis, entah itu pengetahuan baru, tutorial atau puisi atau bahkan cuma sekedar curhat. Banyak hal yang kadang bagi kita bukan apa-apa bisa menjadi inspirasi bagi orang lain yang membacanya.

2. No Quota
Ngeblog itu santai saja, nggak perlu kerjar-kejar setoran, satu bulan harus posting segini atau segitu. Yang sering tidak menguntungkan mood adalah saat kita memberikan batasan pada kita sendiri untuk hanya menulis sejumlah posting dalam kurun waktu sekian. Ini adalah yang sering saya alami, Takut kalau jumlah posting kita terlalu banyak. Hal ini salah, karena seringkali, satu ide cemerlang yang bisa kita tuliskan di blog pada akhirnya akan hilang begitu saja dari pikiran kita saat kita tidak menuangkannya dalam suatu media.

3. Just Write
Satu hal yang kadang kita perhatikan dari blog kita adalah jumlah pengunjung. Kita akan semakin semangat nulis saat ada banyak orang yang memberikan komentar kepada posting-podting yang kita tulis. Dan sebaliknya, seringkali nafsu untuk membuat postingan langsung hilang begitu saja saat kita lihat tak satupun postingan kita mendapat komentar. Meski kita masih melihat di statistik blog kita kalau tiap harinya masih ada puluhan orang yang mengunjungi blog kita sekalipun. Ini juga nggak bener, Kenapa juga kita musti pusing-pusing ngurusin yang ngasih komentar. Kadang kala ada juga khan orang yang sekedar baca posting, tapi tidak sempat memberikan komentar, online lewat hp mungkin, menghemat biaya koneksi.

4. Sesuai Jalur / Use keyword
Nah kalau ini adalah bagi yang tetetp menginginkan adanya banyak pengunjung. Menulislah berbgai artikel yang sesuai dengan tema yang sedang jadi perbincangan hangat di masyarakat. kalu untuk saat ini ya coba saja buat postingan yang berisi berita-berita tentang Ibu Prita Mayasari, Manohara Adelia Pinot atau bisa juga tentang profil-profil calon presiden dan juga wakil presiden. Saya yakin paling tidak dengan menggunakan keyword itu blog anda akan menuai sedikit peningkatan pengunjung. Kalu tidak percaya ya jangan buat, nanti pasti pengunjung blog anda akan terus-terusan berkurang.

5. Jangan Idealis
Idealisme, memang sangat diperlukan dalam kehidupan ini, dalam setiap hal, karena tanpa idealisme dan pedoman, kita tak akan dipercaya orang. Tapi, apakah idealisme masih terus kita perlukan dalam aktifitas ngeblog? Tidak sepenuhnya, saya satu contohnya, saya sangat malas untuk menulis apa yang orang kebayanyakan tulis, jarang mengikuti trend, itulah saya. Satu contohnya ya posting ini, point keempat tadi, saat semua orang benar-benar munulis dan berdiskusi tentang ibu Prita mayasari, saya cuma manuliskanya sekilas. Dan saya juga jarang menuliskan atau mempublikasikan karya-karya orang lain, menggunakan tulisan blogger lain pun saya sangat tidak nyaman.

Ok deh, saya rasa sekian dulu ya tips-tips dari saya. Semoga bisa menjadi catata kecil buat saya sendiri kalau tidak berguna bagi seorangpun selain saya di dunia ini😀

8 thoughts on “Tips Ngeblog Asyik

Tinggalkan Balasan

