Atasi Virus Tanpa Anti Virus

Kemarin waktu mau beli PC Mild aku agak kaget dengan banderol harganya yang sekarang dah melejit jauh banget dari harga terakhir kali aku beli. Sekarang sebuah tabloid itu dihargai 15 ribu dari pabriknya. Dari luarnya kelihatannya masih sama saja, kertas untuk isinya masih jelek kayak dulu, tebalnya juga nggak tambah banyak. Begitu pula dengan contentnya, semua rubrik masih sama. Cuman covernya aja yang seperti kertas minyak. Nggak lebih.

Usut punya usut setelah dilihat-lihat ternyata katanya yang jual, ini khusus bahas tentang berbagai virus sepanjang 2007-2008. Dan memang benar, walaupun tuh penjualnya gasih tau dengan tidak meyakinkan sama sekali. Dan aku yakin dia sebenarnya juga ga mudeng benar dengan apa yang dia katakan itu. Karena aku berani jamin kalo buka dan ngidupin komputer aja dia pasti nggak bisa [nggak ada hubungannya ya😀 ] Isinya memang seperti itu.

Setelah aku lihat-lihat isinya, wow, garing banget. Masak cuman jenis virus ini, nginfeksinya gini, bantai aja dengan PCMAV, selesai. Itu untuk yang di CD, yang di tabloid lebih garing lagi, cuman sampai virus A nginfeksi dan beraksi dengan begini-begini. Dah gitu aja. Namanya juga bisnis mas:mrgreen:

Nah karena lihat begitu terlalunya penyampaiannya, dan begitu terlihat mahalnya biaya untuk sekedar melindungi komputer kita dari serangan virus. Yang sebenarnya kalau kita tahu ilmunya itu sangat gampang, nggak perlu repot-repot kok buat jaga komputer kita. Aku jamin deh, kalau apa yang bakalan aku tulis ini kamu ikutin dengan benar, komputer kamu bakalan aman-aman aja.

Sebelumnya, perlu diketahui, bahwa hingga detik saya menulis posting ini, belum ada seorang virusmaker di dunia ini yang berhasil membuat virus yang secanggih arus listrik. Begitu colok langsung nular kemana-mana. Mereka walau memang menyebar melalui Flashdisk/media penyimpanan portable lainnya, tidak ada yang bisa langsung hidup begitu saja di komputer kita begitu kita mencolokkannya. Itu jika autoplay dari komputer kita dimatikan, karena jika autoplay di komputer kita masih ‘enabled’ settingannya maka ya gitu langsung deh tuh virus idup.

Trus gimana cara matiin autoplay itu? Gampang kalo komputer lho masih normal, kamu ketik aja gpedit.msc di kolom run. [Start-run] lihat panel kiri, klik + di samping Computer Configuration untuk membuka tree yang ada. Klik System, trus lihat panel kanan, dobel klik pada ‘turn off autoplay’ terus pilih ‘enabled’ Pada drop down ‘Turn off atoplay to : ‘pilih all drive’. Begitu juga untuk settingan di User Configuration ditambah juga dengan Prevent acces to registry editing tool dan command prompt yang kerap kali di blok sama virus ke disabled.

Saya rasa cukup sekian, ini baru tutorial awal. Akan saya sambung di waktu yang akan datang.

3 thoughts on “Atasi Virus Tanpa Anti Virus

Tinggalkan Balasan

