Belajar Hosting

Setelah lebih dari satu tahun mengelola blog ini saya begitu ingin untuk mencoba merasakan satu sensasi yang baru. Tepatnya mungkin sekitar dua bulan yang lalu aku sudah tak sabar untuk mencoba hal yang disebut dengan hosting. Yup, hosting alias menyewa tempat untuk menyimpan semua file blog kita. Tentunya juga setelah kita punya domain sendiri. Dan nggak tahu kenapa juga beberapa hari yang lalu, setelah membaca sedikit tutorial di blog tetangga tentang hosting tanpa biaya di salah satu web hosting saya juga tertarik untuk mencobanya.

Apalagi sekarang juga ada situs yang menawarkan pndaftaran domain gratis. Eh, sebenarnya dah dari dulu ada dink, di [dot]tk sudah sejak awal-awal aku ngeblog dah ada. Tapi karena mungkin masih merasa bodho banget sejak dulu aku belum minat untuk mencoba. Dan baru sekarang punya minat untuk mencobanya, kemudian disambut dengan adanya webhosting gratis lagi (kalau yang ini setahuku baru-baru aja). Langsung saja deh, kemarin langsung daftar di keduanya, domain di co.cc sedang hostingnya di 000webhost.com.

Sekarang dah jadi deh tu blog baru, dengan nama domain sendiri euy *pastinya* keren deh, meski nggak seperti apa yang aku pengenin. Aku seandainya membeli domain sendiri yang penuh kebebasan itu maunya yang punya ekstensi [dot]net, org atau info nggak suka-suka amat dengan [dot]com atau web.id. Apalagi ini, [dot]co.? dulunya sih aku anggap barang najis, nggak pernah mau aku memakainya. Tapi itu khan dulu, berhubung semua ini adalah sebagai sarana belajar dan improvisasi diri untuk lebih punya kemampuan dan wawasan aku rasa juga nggak apa-apa deh. Apa salahnya mencoba, tinggal nyoba aja kok, gratis sama sekali nggak bayar kok disia-siakan😀

Masih sama dengan blog saya yang ini,l domain blog saya juga menggunakan nama learnsimply [learnsimply.co.cc], habisnya kalo diambil dari nama saya kurang PD, untuk memilih satu kata yang ‘bermakna’ juga lagi nggak ada ide. Kelhatannya sedang tak ada satu kata pun yang mau untuk mewakili diri saya sebagai nama domain blog tersebut. Untuk format mesin yang berada di balik blog itu masih tetap aku percayakan kepada WordPress, soale engine lain kayak joomla dan be2evolution nggak pernah nyentuh sebelume.

Sedikit cerita nih, ternyata buat blog dengan hosting itu disamping menyenangkan *sangat bahkan* juga ada saja hal yang kadang membuatku bingung. Bahkan kemarin karena kelupaan password dan nggak bisa masuk meski lewat imel-imelan, terpaksa blog itu aku format ulang *kayak flahsdisk aja😛 * Semua filenya aku hapus, sekalian sama databasenya. Itu setelah tahu gimana install WP setelah donlot WP-nya, awalnya aja aku pake web-bulider kacau deh pakae itu, sama sekali nggak nyaman tampilannya dan sama sekali nggak tau pula sebenere kayak apa isi blog kita. Setelah lihat susunan WordPress 2.5.1 yang aku donlot baru deh tahu.

14 thoughts on “Belajar Hosting

  1. hoo… ajari mas aku mas…

    Gampang banget kok bro, semacam setting webserver di localhost, bahkan databasenya nggak perlu buat, rencanane kapan-kapan mo tak tulis di sana

  2. memang sering down sih.
    tapi kan hanya buat belajar.

    Yup, bener, ini aja dah mulai males kutak-katik lagi, malah kebayang gimana buat databasenya kalo kita bikin wordpress bekerja di localhost😛

  3. Mas salam kenal,
    gini mas,
    saya pengen belajar tentang web
    kebetulan belum bisa apa2
    saat ini baru bisa bikin webpage format html aja
    trus penasaran pengen webpage saya itu jadi webpage beneran (bisa diakses dari internet)
    saya cari2 tahu untuk itu harus di hosting ke sebuah tempat(server)
    nah saya kok kesulitan (tentang cara, dsb)
    mbok tolong petunjuknya mas
    kalo bisa yang step by step dan ada penjelasannya…
    mohon bantuannya ya mas…

  4. @tyo
    Yups, caranya emang seperti itu.
    Untuk bisa online halaman haasil karya kita memang harus di hosting ke satu tempat.
    Banyak kok perusahaan yang nawarin jasa hosting itu dengan tarif yang bisa dibilang murah
    Paket untuk blogger umumnya mereka juga punya aja.
    Ada IDwebhost, dijaminmurah, rumahweb, masih banyak lagi deh
    Coba aja googling dengan keyword hosting murah atau apalah
    Salam

  5. Info aja ni, bagi yang mau hosting gratisan bisa kunjungi hosting gratisan. Mungkin ini bisa membantu buat yang pengen punya web sendiri tapi tanpa biaya. Dijamin gratis dan mudah dalam mengelolanya. Soalnya user friendly. Tidak banyak beda dengan hosting yang berbayar. Dari pada hosting yang berbayar mending punya hosting di hosting gratisan pasti lebih untung.

Tinggalkan Balasan

