PCLinuxOS Gnome 2008

Akhirnyaaa, sukses deh. Setelah kemarin selama beberapa hari saya mencoba belajar menggunakan linux dengan menggunakan PCLinuxOS 2007 yang versi black. Yang ada beberapa masalah dan hal-hal yang tidak saya mudengi sebelumnya. Mulai dari install berbagai aplikasi yang caranya baru saya ketahui dengan yakin siang tadi😛 dan menambahkan flash player plugin di Konqueror semua nggak bisa berjalan lancar. Bahkan siang tadi saya sudah hampir menghabiskan tiga-perempat dari jam kerja dengan nyambi untuk nginstall beberapa aplikas dengan selalu memandangi Synaptici, tapi hampir semuanya gagal pula. Tak ada program bermutu yang bisa saya install selain sebuah game mirip tetris yang mensejajrkan bola berjumlah lima dengan warna yang sama untuk mencegah papannya penuh. Walau sudah dapet 3d desktop yang juga masih belum jalan😦 Tapi itu yang terlihat saja seh, kalau mau memperhatikan, meskipun mau install Firefox lebih dari 5 kali dan gagal terus, kelihatannya systemnya sudah terupdate.

Nah, karena merasa bosan install berbagai macam program gagal terus, akhirnya saya putuskan untuk menyudahinya saja. Daripada mumet delapan puluh tujuh keliling, mending berselancar dengan keterbatasan yang ada pada Konqueror saja lah. Mau gimana lagi, paketan aplikasi di PCLinux yang itu masih sedikit banget, mau install malah jadi uring-uringan, akhirnya ya menyerah sebentar dulu saja ah. Bloging sana, blogging sini, akhirnya dasar lagi seneng sama linux, ya ujung-ujungnya juga baca tentang linux juga😀 Mulai baca forum di Linux.or.id sampai akhirnya masuk ke mypclinuxos.com karena melihat adanya PCLinux Muslim Edition, akhirnya sesampainya di sana justru melihat sesuatu yang lebih menggiurkan, mulai dari tampilan yang tampak bersih dan bagus, sampai berbagai macam aplikasi yang sudah ikut terinstall di dalamnya membuat saya sangat tertarik. Akhirnya saya membaca lebih detailtentang distro itu, PCLinuxOS Gnome 2008, dan hasrat tuk mencoba pun muncul dengan kuatnya.

Dalam sedikit review di situs di atas ada beberapa aplikasi yang sudah termasuk dalam distro yang ini *yang bener kalau begini distro apa release sih😀 mulai dari kernelnya yang dah 2.6, Gnome 2.2.1.2 Dah ada Firefox 2.0.0.12 Tunderbird 2.0.0.9 meski saya jarang sekali buka imel dengan mail client😛, Gnome Office Apps dan masih ada beberapa lagi deh. Walaupun saya sama sekali tak paham dengan apa itu KDE dan Gnome, bedanya dimana, mau versi berapa juga saya ga mudeng. Tapi saya pikir yang ini sudah lebih baik, dah bisa digunakan untuk multimedia dan ngetik-ngetik plus berselancar dengan Firefox😀 Akhirnya coba deh buat ngedapetinnya. Setelah mendapatkan Torrentnya, langsung mau donlot, but, this is PCLinuxOS, ga ada Bittorrent clientnya. Mau copy ruh file ke partisinya windows juga ga bisa lagi, Akhirnya memulai acara cari torrent dengan mwmbuka Jendela lagi deh.

Setelah dapet File ISO-nya langsung bakar saja, sempat bingung juga seh, karena ini kali pertama saya membakar Bootable CD buat Linux, dan baru yang kedua kalinya mbakar sendiri dengan nero, setelah dulu sempet bakar mp3 Berhubung ragu, cuman denger-denger kalau bakar yang kayak gini tuh milihnya ISO image. Daripada mendapat kesalahan, mending cari refensi saja a deh. Setelah yakin langsung saja bakar dengan ngawur. But, ternyata sukses, dan bisa langsung dipakai buat boot, yess!! Alhamdulilah, walaupun main hapus dan format partisi Linux lawas sehingga tidak bisa booting tanpa CD, tapi bisa juga diinstall. Makin cantik saja deh, pakai Gnome 2008, setting networknya juga masih semudah berada di hotspot lagi😛

Posting ini terlalu banyak kata akhirnyaaa ya😀 Eh hampir lupa, posted under PCLinuxOS Gnome 2008 with Firefox Klik di sini untuk lihat skrinsut yang saya buat, dan di sini untuk skinsut para pengembangnya.

3 thoughts on “PCLinuxOS Gnome 2008

  1. Males musti ngedit posting, PC LinuxOS Gnome ini betul-betul dah lengkap deh, berbagai aplikasi dah banyak terinstal, lebih dari 20 buah aplikasi bahkan, mau chat, internetan, download via bittorrent, sampai lihat video sama muter empi3 ada semua, office juga dah ada, meski bukan open office.

Tinggalkan Balasan

