Windows XP SP3

Mungkin informasi ini sudah agak telat, tapi yang jelas saya yakin ini bukan sekedar informasi sampah belaka. Sebenarnya pihak microsoft sudah meluncurkan Servie Pack ini pada pertengahan bulan maret ini, akan tetapi saya baru membahasnya hari ini. Dalam service pack 3 ini microsoft memasukkan ratusan updatenya dari saat mereka merilis Windows XP SP2 pada bulan Agustus 2004 yang lalu. Semua update yang berkaitan dengan stabilitas sistem, keamanan dan performa baik itu security updates maupun hotfix ada di sini. Akan tetapi jangan berharap banayk kalu dalam update ini pihak microsoft menyertakan fitur-fitur terbaru dari OS teranyar mereka, Vista. Jangakan fitur-fitur baru, bagi yang suka IE7 saja idak disertakan.

‘Bonus’ yng bisa didapatkan selain bundel update ini adalah adanya NAP (Network Access Protection) yang merupakan salah satu fitur utama yang ditawarkan dalam Windows Server 2008. NAP adalah sebuah platform dan solusi baru yang mengontrol akses pada resource suatu network berdasarkan pengenalan identitas komputer klien dan ketundukan pada aturan jaringan tersebut. Admin bisa menentukan tingkat aksesitas terhadap network berdasarkan siapakah klien tersebut, grup terhadap posisi klien. Fungsionalitas lainnya adalah peningkatan pada deteksi ‘black hole’ router dan mengembalikannya pada keadaan default. Black hole router adalah router yang secara diam-diam mengurangi pengiriman paket data.

Sedikit pengalaman saat menginstall Windows XP SP3 ini adalah pernah muncul pesan error yang menyatakan kalau upgradenya ga bisa dijalankan gara-gara ada file yang berkaitan dengan kernel yang digunakan untuk booting sudah tidak sesuai dengan yang sebenarnya. Ups, saya punakhirnya bingung, matikan deepfreeze, terus restart. Habis itu membabi buta menghapus berbagai file yang berkaitan dengan booting, semacam boot.ini yang ada di drive C, trus masih ada bioslock.ini juga. Habis itu juga menghapus folder boot yang ada di C:Windows/Resource yang merupakan folder yang berisikan file-file yang juga mendukung aktivitas booting. Restart lagi, masih belum bisa, aduh pusing deh, apa lagi ya ?

Eh iya akhirnya keinget kalau dulu pernah ganti file ntoskernel.exe yang ada di folder system 32 buat ganti boot screen. Yup, langsung cari file yang sebenernya dari kompi sebelah. Langsung coba install lagi, yes, yes jalan akhirnya. Tapi, ah, tinggal nyelesein aja kok ya masih ada truobel lagi ya🙂 . Hah entahlah, POKOKE™ sudah nyoba dengan berbagai cara, kalaumasih gagal ya halangan, ga boleh kali ya.

Sat pengalaman lagi, setelah berhasil install di salah satu kompi lab yang lain, ternyata juga ada masalah lagi. Tidak ada themes maupun visual style yang bisa kepake, dirubah gimana saja juga nggak mau. Kenapa ya ? Ingat, dulu untuk merubahnya perlu merubah uxtheme.dll, akhirnya buka lagi uxtheme multi patcher. Ternyata emang untuk SP3 masih dianggap asing bagi software ini. sehingga tidak bisa merubah tampilan sama sekali, bisanya ya cuman pakai tema klasik yang mirip Win 98😦 .

Kalau mau langsung dowload Windows XP SP3 bisa klik di sini [siapkan download manager dulu, klik kanan copy link location saja]. Tapi sebelumnya download juga Windows XP Release Candidate berikut. Buka dulu Release Candidatenya ya pas nginstall nanti.

14 thoughts on “Windows XP SP3

  1. Tolong jelasin yg detail, soalnya punyaku juga dapat kasus sama persis seperti kernel yg eror. Komputerku udah aku instal vista transformation pack dan logon serta boot screen udah aku ubah. Apa itu pengaruh. Kalau diinstal ulang xp 2 trus diupgrade xp 3 bisa gak ya, soalnya aku masih ragu-ragu? Mohon bantuannya. Dan tolong balas ke email saya.

    Yup, bener banget, itu nggak bisa install karena logonui.exe udah dirubah oleh VTP sehingga nampilin kayak vista, bukan logonui-nya xp. Solusinya ya gitu, install ulang aja pake sp2 trus baru update

  2. ada yang tau masalah XP ku ini ga??? aku abis update xp sp2 ke sp3.. udah selese..trus aku running..
    masalahnya pada pergantian tema.. kenapa temanya cuma bisa yang standar dari xp-nya aja yah..aku mao ganti pake VISTACG ndak mau..
    ada yang mengerti masalahku ini? minta tolong yah di jelaskan..heheheh. thanks befor..:DD

  3. @yudee
    Dulu pas kamu bisa pake VistaCG itu awalnya pasti kamu patch windows kamu dengan uxtheme multipatcher, untuk yang sp3 tuh patch dah nggak mempan.
    pake uxtender, ini untuk yang sp3 bisa googling aja deh, pasti ketemu.😀
    salam

  4. masalahnya hampir sama dengan pc di tempat kerjaku, namun setelah reinstal semuanya bisa ok, itupun masih sp-2, masalah yang timbul “Exception EAccess Violation in module RTPScandll” Read of address 009FF4000.
    masalah timbul lagi ketika telah di update ke sp-3 yaitu file excel atau word di desktop tidak bisa di double click. nah ini gimana ya solusinya??
    Terima kasih kepada siapa saja yang mau ngebantu
    minta kirim aja ke alamat email-ku ya

    • Pengalaman install kemaren dah nggak kayak gitu tuh bro,
      langsung jalan begitu saja, begitu pula setelah upgrade ke SP3
      kalu nggak bisa di double click itu kemungkinan yang salah linknya kali bro.
      Coba cek ulang, klik kanan propertisnya, targetnya dah bener ke file yang semestinya apa belum

      Sekian moga bisa ngebantu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s