Firefox Campus Edition

Firefox Campus Edition adalah salah satu jenis dari release Firefox yang dikhususkan buat mendukung aktivitas belajar para pelajar/mahasiswa. Sebenarnya, kalau ditanya tentang kelebihan, Firefox yang dirilis pada edisi kampus ini sama saja dengan Firefox pada umumnya. Bahkan kalau dilihat pada saat proses download, yang ada malah Firefox versi 2.0.0.6 bahkan pada akhirnya juga bisa diupdate ke versi terakhir saat ini (2.0.0.13). Yang membedakan hanyalah dipaketkannya tiga buah Adds-on khusus yang cocok untuk digunakan di lingkungan kampus (mahasiswa dan pelajar) masa kini. So, kalau dah install Firefox, nggak perlu di uninstall dulu trus diganti dengan dengan campus edetion seperti saya🙂 cukup install saja adds-onnya,

Ketiga Adds-on tersebut adalah Foxytunes, Zotero dan StumbleUpon. Ketiganya dinilai layak untuk di-satu paket-kan dalam sebuah browser sehandal Firefox dan membentuk apa yang disebut dengan Firefox Campus Edition tersebut karena memang ketiganya adalah Adds-on yang sangat cocok digunakan oleh para pelajar. Zotero misalnya, adalah sebuah Adds-on yang memungkinkan kita untuk lebih mudah dalam memanajemen berbagai artikel yang kita rasa menarik untuk kita simpan dan kelola secara onkine maupun ofline.

Untuk sedikit lebih jelasnya saya akan membahas ketiga Adds-on tersebut. Yang pertama, melanjutkan yang tadi, kita bahas dulu Zotero. Semisal kita sedang ingin membuat makalah mengenai sesuatu, saat kita browsing di internet dan menemukan sebuah halaman yang penuh dengan banyak resource menarik yang mendukung makalah kita tersebut (e-book, artikel atau apalah) maka secara otomatis Zotero akan mendeteksi konten halaman tersebut. Yang biasanya ditunjukkan dengan adanya icon mirip buku atau folder di akhir address bar browser. Kita bisa langsung meng-klik icon tersebut untuk memasukkan item dalam halaman web tersbut kedalam referensi kita. Dan semisal dalam satu halaman ada banyak artikel kita juga bisa memilih-milihnya. Memanajemennya dengan memberikan komentar, mengganti info dari artikel yang ada dan masih banyak lagi. Kita juga bisa mengelompokkan berbagai resource tersebut kedalam beberapa group jika kita punya banyak artikel yang harus dibuat.

Next, StumbleUpon adalah sebuah Adds-on yang mempermudah kita dalam menemukan resource yang kita perlukan tersebut. Setelah kita mengklik toolbar stumble yang ada setelah kita menginstallnya *ya iya lah, nggak diinstall mana bisa keluar😛 * maka kita bisa langsung mendaftar ke websitenya dan bisa menemukan berbagai website yang daftarnya diperoleh dari banyak orang yang merekomendasikannya. Setelah kita mendaftar maka kita akan punya home page di StumbleUpon bahkan mirip dengan sebuah blog *aduh buat lagi, satu aja nggak dirawat😛 * disana kita juga bisa posting, melihat-lihat profil orang lain dan tahu apa saja yang mreka sukai. Untuk memulai men-discover dunia maya yang luas ini, kita tinggal klik pada salah satu kategori yang kita sukai maka semua akan muncul. Semakin mudah saja nih berselancar di dunia maya. Kekurangan Adds-on ini adalah pada cara penyampaian dari konten tersebut karena situs ini tidak mengadakan filter pada apa yang direkomendasikan oleh para anggotanya, begitu ada yang merekomendasikan, langsung ada di dafta,r tanpa ada perbandingan mengenai jumlah orang yang merekomendasikan atau apa, sehingga mungkin saja apa yang direkomendasikan adalah sesuatu yang kurang penting.

Yang terakhir, Foxytunes, mungkin sudah banyak orang yang tahu tentang Adds-on yang satu ini *nggak cuman pelajar*, memang bisa dibilang yang satu ini tidak hanya khusus buat pelajar. Karena adds-on yang satu ini berguna untuk mengontrol media player yang sedang kita gunakanan melaui player, misal mengganti lagu yang kita mainkan di winamp melalui browser. Selain itu kita juga akan dipermudah dalam mencari tahu tentang lagu, band, lirik atau tetek bengek lain tentang lagu yang sedang kita putar tersebut. Selain itu juga ada foxytunes planet yang mempermudah kita untuk mendengarkan lagu berdasarkan kategori *cuman dengerin ? nggak puas, donlot ? ga bisa😦 . Foxytunes juga bekerja pada banyak blogging platform dan email seperti blogger, wordpress, friendster, hi5, AOL mail, hotmail, gmail, Yahoo!, dll untuk bisa memasukkan current track signature seperti yang ada di bawah ini. Yang kalau di-klik akan membuka web Foxytun dengan lagu atau info tentang bend tersebut *kalau ada* .

—————-
Now playing: Tashiru & Ebith Beat A – Satukan Muslim Sedunia
via FoxyTunes

One thought on “Firefox Campus Edition

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s