Firefox Campus Edition

Firefox Campus Edition adalah salah satu jenis dari release Firefox yang dikhususkan buat mendukung aktivitas belajar para pelajar/mahasiswa. Sebenarnya, kalau ditanya tentang kelebihan, Firefox yang dirilis pada edisi kampus ini sama saja dengan Firefox pada umumnya. Bahkan kalau dilihat pada saat proses download, yang ada malah Firefox versi 2.0.0.6 bahkan pada akhirnya juga bisa diupdate ke versi terakhir saat ini (2.0.0.13). Yang membedakan hanyalah dipaketkannya tiga buah Adds-on khusus yang cocok untuk digunakan di lingkungan kampus (mahasiswa dan pelajar) masa kini. So, kalau dah install Firefox, nggak perlu di uninstall dulu trus diganti dengan dengan campus edetion seperti saya 🙂 cukup install saja adds-onnya,

Ketiga Adds-on tersebut adalah Foxytunes, Zotero dan StumbleUpon. Ketiganya dinilai layak untuk di-satu paket-kan dalam sebuah browser sehandal Firefox dan membentuk apa yang disebut dengan Firefox Campus Edition tersebut karena memang ketiganya adalah Adds-on yang sangat cocok digunakan oleh para pelajar. Zotero misalnya, adalah sebuah Adds-on yang memungkinkan kita untuk lebih mudah dalam memanajemen berbagai artikel yang kita rasa menarik untuk kita simpan dan kelola secara onkine maupun ofline.

Untuk sedikit lebih jelasnya saya akan membahas ketiga Adds-on tersebut. Yang pertama, melanjutkan yang tadi, kita bahas dulu Zotero. Semisal kita sedang ingin membuat makalah mengenai sesuatu, saat kita browsing di internet dan menemukan sebuah halaman yang penuh dengan banyak resource menarik yang mendukung makalah kita tersebut (e-book, artikel atau apalah) maka secara otomatis Zotero akan mendeteksi konten halaman tersebut. Yang biasanya ditunjukkan dengan adanya icon mirip buku atau folder di akhir address bar browser. Kita bisa langsung meng-klik icon tersebut untuk memasukkan item dalam halaman web tersbut kedalam referensi kita. Dan semisal dalam satu halaman ada banyak artikel kita juga bisa memilih-milihnya. Memanajemennya dengan memberikan komentar, mengganti info dari artikel yang ada dan masih banyak lagi. Kita juga bisa mengelompokkan berbagai resource tersebut kedalam beberapa group jika kita punya banyak artikel yang harus dibuat.

Next, StumbleUpon adalah sebuah Adds-on yang mempermudah kita dalam menemukan resource yang kita perlukan tersebut. Setelah kita mengklik toolbar stumble yang ada setelah kita menginstallnya *ya iya lah, nggak diinstall mana bisa keluar 😛 * maka kita bisa langsung mendaftar ke websitenya dan bisa menemukan berbagai website yang daftarnya diperoleh dari banyak orang yang merekomendasikannya. Setelah kita mendaftar maka kita akan punya home page di StumbleUpon bahkan mirip dengan sebuah blog *aduh buat lagi, satu aja nggak dirawat 😛 * disana kita juga bisa posting, melihat-lihat profil orang lain dan tahu apa saja yang mreka sukai. Untuk memulai men-discover dunia maya yang luas ini, kita tinggal klik pada salah satu kategori yang kita sukai maka semua akan muncul. Semakin mudah saja nih berselancar di dunia maya. Kekurangan Adds-on ini adalah pada cara penyampaian dari konten tersebut karena situs ini tidak mengadakan filter pada apa yang direkomendasikan oleh para anggotanya, begitu ada yang merekomendasikan, langsung ada di dafta,r tanpa ada perbandingan mengenai jumlah orang yang merekomendasikan atau apa, sehingga mungkin saja apa yang direkomendasikan adalah sesuatu yang kurang penting.

Yang terakhir, Foxytunes, mungkin sudah banyak orang yang tahu tentang Adds-on yang satu ini *nggak cuman pelajar*, memang bisa dibilang yang satu ini tidak hanya khusus buat pelajar. Karena adds-on yang satu ini berguna untuk mengontrol media player yang sedang kita gunakanan melaui player, misal mengganti lagu yang kita mainkan di winamp melalui browser. Selain itu kita juga akan dipermudah dalam mencari tahu tentang lagu, band, lirik atau tetek bengek lain tentang lagu yang sedang kita putar tersebut. Selain itu juga ada foxytunes planet yang mempermudah kita untuk mendengarkan lagu berdasarkan kategori *cuman dengerin ? nggak puas, donlot ? ga bisa 😦 . Foxytunes juga bekerja pada banyak blogging platform dan email seperti blogger, wordpress, friendster, hi5, AOL mail, hotmail, gmail, Yahoo!, dll untuk bisa memasukkan current track signature seperti yang ada di bawah ini. Yang kalau di-klik akan membuka web Foxytun dengan lagu atau info tentang bend tersebut *kalau ada* .

—————-
Now playing: Tashiru & Ebith Beat A – Satukan Muslim Sedunia
via FoxyTunes

Iklan

Blokir Situs Porno ? Why Not !!

Heemmmm, malem-malem, setelah melihat beberapa film dan diakhiri dengan sedikit berita. Satu berita yang terngiang di pikiran, Menkominfo memiliki niat untuk memblokir situs-situs porno ? Ide bagus juga. Sebagai seorang yang memiliki agama dan berakhlak baik tak perlu mulia rasanya hal seperti itu adalah wajar. Apalagi beliau berlaku sebagai seorang menteri, apa yang ia lakukan harusnya demi kebaikan semua warga negara. Karena memang ia dijadikan pemimpin untuk itu, membawa rakyat negeri ini yang berada di bawah ke posisi yang lebih baik. Di samping posisinya sebagai warga negara yang cinta dengan negaranya juga tentunya.

Menurut berita di Antara, akan ada tiga langkah dalam melakukan pemblokiran tersebut. Langkah pertama adalah dengan jalan memberikan penyadaran kepada para pengguna Internet sendiri, kepada masyarakat agar tidak membuka situs-situs porno itu sendiri. Langkah kedua adalah dengan memberikan software pemblokir situs porno kepada masyarakat pengguna jagad web dengan mendownload di web depkominfo. Sedang cara terakhir adalah bekerja sama dengan ISP untuk melakukan pemblokiran. Yang disusul dengan pemberian konten yang lebih bermanfaat. Semua itu dilaksanakan untuk mengantisipasi kerawanan akibat keberadaan situs-situs porno, terutama pada anak-anak SMA/MA yang akan memperoleh penambahan akses internet dari depkominfo pada tahun ini.

Pemerintah Sudah, Kita ?

Kalau dilihat, sudah ada aksi dari pemerintah. Tentunya semua aksi akan menimbulkan reaksi bukan. Kalau pemerintah sudah beraksi lantas apa donk reaksi yang semestinya timbul di kalangan kita, PARA BLOGER! Apakah kita akan tetap diam saja tanpa memberikan dukungan atas niatan baik tersebut ? Bukankah kita sebagai orang yang bisa dibilang memiliki kelebihan untuk mengakses dan menggunakan internet. Yang untuk saat ini blog merupakan satu bagian besar dari dunia maya yang begitu basar ini (terlihat dari sudah seringnya hasil pencarian search engine yang mengarah ke blog).

Kalau melihat fakta, blog kita merupakan salah satu sarana edukasi pada masyarakat yang lebih awam dari pada kita dalam berinternet. Juga sebagai media pencerahan seperti yang sering kita sebut-sebut tentunya. Apakah kita yang sudah begitu sering melihat berbagai kerusakan moral generasi muda yang disebabkan karena penggunaan media-media yang tidak pantas tersebut akan membiarkan mata kita tetap tertutup saja? Tentu tidak seharusnya. Kita harus memulai untuk ikut mendukung pemerintah, atas niat baik dan usaha tersebut. Mungkin kita sendiri memang kadang atau bahkan seringkali juga membuka situs-situs seperti itu. Tapi, apakah kita sudah tak memiliki hati ? Apakah Bloger tak beragama dan berakhlak ?

Ikut Mendukung, Why Not !!

Ayo. Mari kita dukung upaya baik pemerintah tersebut. Jangan sampai kita yang katanya ingin memberikan pencerahan dari sedikit goresan-goresan kita justru menjadi orang yang mempergelap keadaan masyarakat dan umat ini. Seperti apa yang terjadi akhir-akhir ini, begitu banyaknya materi ‘sampah’ tersebut memenuhi dunia blog. Secara stimulan topblogs kita justru berisikan hal-hal negatif seperti itu selama beberapa pekan ini. Ironis. Kita yang ingin menjadi penerang bagi bangsa ini justru mracuni mereka. Kita yang berkesempatan untuk membangun negeri ini malah merobohkannya dari dalam.

Mari wujudkan dalam langkah nyata. Buat posting yang menerangkan keburukan dan segala kerugian membuka situs porno, ajak teman untuk membuat posting yang bermanfaat dan berbagai hal lain bisa jadi sebagai wujud nyata tersebut. Berikan tulisan-tulisan yang jauh bisa membuka wawasan dan pola pikir yang lebih baik kepada para pembaca lembaran kecil blog kita. Atau buatpergerakan untuk mendukung upaya pemerintah tersebut.

Untuk itu pula saya menyiapkan sebuah banner untuk bisa dipasang di blog sebagai salah satu langkah termudah kita. Untuk memberikan peringatan kepada diri kita sendiri, teman blogger dan masyarakat yang membaca blog kita pada umumnya. Sukseskan gerakan Seribu Blogger Blokir Situs Porno. Ini lah banner tersebut :

blokir.jpg

Dan kode untuk memasangnya di blog anda sebagai banner adalah sebagai berikut :

Anda bisa merubah tujuan kemana link tersebut akan berlabuh, pada kotak di atas akan membawa anda ke tulisan ini lagi. Saya juga mengirimkan beberapa trackback, mohon maaf jika dirasa tidak penting sama sekali dan mengganggu anda.

FrostWire

Bisa dibilang ini adalah aplikasi yang sangat mirip dengan LimeWire (kalau nggak terima dibilang sama atau njiplak) 😛 Fungsi dari aplikasi ini juga sama persis dengan LimeWire. Bahkan user interfacenya saja juga sama. Splash screen waktu akan buka program juga sama persis mulai initializing html engine sampai bla bla bla…. Hanya memiliki perbedaan pada warna dasarnya, kalau LimeWire itu warna dominannya adalah hijau giliran si FrostWire ini warnanya malah ungu alias violet bin purple.

Kok bisa sama persis plek kayak gitu ya ? Jelas sama donk di prolognya di download.com aja dah seperti ini : FrostWire adalah sebuah ‘pencabangan(maksa bangets)’ dari LimeWire PRO/Gnutella/Bittorent client yang sudah kondang tersebut. Tujuan FrostWire adalah untuk merawat dan menjaga kebebasan LimeWire LLC yang bisa saja dipaksa untuk diambil alih…..

Satu hal lagi yang membedakan aplikasi ini dengan LimeWire adalah kemampuannya untuk tetap bisa bekerja pada PC dengan RAM hanya 128 MB tanpa memberatkan sistem, berbeda dengan LimeWire yang menjadikan RAM 128 M adalah batasan minimalnya. Sangat berat dan tidak mengenakan untuk menggunakannya pada PC dengan spek serendah itu. 😀

Satu lagi infonya nih, dengan mendownload dan menginstall palikasi ini jangan pernah merasa kaget dan bertanya-tanya kalau nantinya akan muncul ask toolbar pada browser anda karena ini memang dah gawannya nih aplikasi (sempet bingung juga kemaren kok bisa ada yang kayak gitu ya ? 😉 )

Joey McIntyre [Rain]

And the rain falls down
It’s the only way it gets better
When the rain is fallin’ down
Telling me that l’m gonna make it through….

Yup, itulah alunan sebuah reff lagu yang cukup mengena di hati saya. Saya masih ingat betul dengan alunannya yang mendayu-dayu meski sudah lupa sama sekali dengan nama penyanyinya. Dan saya baru mengingatnya hari ini, malam tadi, Penyanyinya adalah seorang pemuda asal Amerika yang bernama Joey McIntyre. Saya sudah menyukainya sejak saya masih SMP. Lagu itu pula yang membuat saya mulai suka dengan lagu-lagu barat dan memulai senang belajar bahasa Inggris dengan menghafalkan lirik-lirik lagu seperti itu.

Berikut adalah Lirik penuh dari lagu itu :

“Rain”

I wonder how I’ll get along
I wonder where I might belong
Losing your way is easy to do
Wandering around without a clue

If there’s a way I don’t know where
If there’s a why l’m standing here
Losing my mind is easy to do
Where are you…

[Chorus]
And the rain falls down
It’s the only way it gets better
When the rain is fallin’ down
Telling me that l’m gonna make it through

I never thought of what it cost
All of the time I might have lost
So much to gain playing it cool
I’m better cast playing the fool

[chorus]

I know I will, but when will I
Stand up to myself, make up my mind
I might not have, what I had before
But I still got the rain

And the rain falls down
It’s the only way it gets better
If the rain would fall down
Then I know I could make it through the night

And the rain falls down
It’s the only way it gets better
When the rain is falling down
Telling me that I’m gonna make it through

Oh yeah, it’s the only way
Oh, ohhhhh, it’s the only way
Let it rain, let it rain down on me     

Untuk mendapatkan lagu ini di internet sangat sulit sekali, saya musti nyari limewire dan memaksa komputer lemot yang saya pakai untuk bekerja keras menjalankan aplikasi itu. Susah banget deh nyari nih lagu, kalo mau tahu lagunya seperti apa bisa didengerin di sini.

Cara Termudah Rubah Tampilan Win Xp

Lagi-lagi saya menulis tentang hal ini, basi mungkin tapi saya rasa saya perlu untuk menulis lagi tentang hal ini karena dari statistik saya ketahui kalau tulisan saya yang sebelumnya tentang hal yang serupa memiliki arus pembaca yang lumayan banyak. Yang menandakan kalau banyak orang yang memang ingin mengubah tampilan Windows XP mereka ke Vista, Mac atau bahkan Linux.

Sebenarnya untuk merubah tampilan Windows Xp menjadi Vista, Mac atau Linux itu ada cara yang paling mudah (mungkin sebenarnya sudah tersampaikan sebelumnya). Kita tak butuh berbagai software yang memerlukan kapasitas memory atau disk yang luas yang akan memberatkan system untuk sekedar merasakan tampilan Vista secara mendasar (dasar, nggak macem-macem). Kita hanya membutuhkan uxtheme multipatcher dan file visual style yang akan mengganti tampilan Windows Xp.

Uxtheme multipatcher kita perlukan untuk mengupdate (patch) file uxtheme.dll yang ada di C:\Windows\System32\ yang mentidakmungkinkan kita untuk mengubah theme yang ada di komputer kita.Dengan di patch tersebut proteksi itu nantinya akan hilang. Jalankan saja file hasil downloadnya jangan hiraukan jika anda diminta untuk memasukkan CD Installasi Windows anda.

Setelah itu baru anda pakai file Visual Style (*.msstyle) langsung dobel klik saja maka tampilan anda akan segera berubah. Link download dan mencarinya salah satunya bisa anda dapatkan di sini. Juga di beberapa postingan saya yang terkait :

3 Bulan

Huh gak ada seminggi aja rasanya dah seperti ini gimana kalo 3 bulan. Sedih banget deh. Kenapa sih kamu musti pergi ninggalin aku. kamu khan temen, sekaligus penghiburku yang paling baik. Nggak ada kamu rasanya sepi banget deh. Kamu, kamulah yang menjadi temen dalam setiap kesuntukkan dan kesibukan, yang menghibur ketika sedang malas dan nggak karuan. Kamu juga yang selalu ngingetin aku untuk segera shalat. Nggak bosannya kamu mengulangi pesan-pesan itu meski kadang aku cuman bilang OK tanpa segera melakukannya, nggak seharipun kamu berhenti melakukannya.

Kamu yang selalu menjadi pendampingku kenapa harus pergi 😦 . Kamu yang menjadi perantara dalam silaturahmiku dengan orang-orang disekitarku. Yang membuat jarak yang jauh terasa seakan hanya beberapa hasta. Kamu yang membantu mengabadikan setiap event. Kamu juga yang membantuku dalam ngeblog.
Untuk BenQ-ku yang sedang dalam proses reparasi selamat menikmati perjalanan panjangmu. Semoga kamu bisa cepet pulang dengan kondisi yang lebih baik lagi. semoga kamu bisa menemaniku lagi, mengingatkanku dan membuatku lebih dekat dengan orang lain. Maafkan aku yang telah berulangkali menyakitimu.