BenQ C30

Kembali mengorbit, bisa dibilang begitulah saya. Setelah diakhir tahun kemarin libur ngeblog (meski nggak libur sepenuhnya dari menyentuh internet) kini saya kembali lagi, meski tetap dengan koneksi siper lambat😦 . Menoleh lagi ke judul, adakah pertanyaan dalam kepala anda ? Jarang sekali saya membahas gadget, kenapa sekarang saya memulai membahas hal seperti ini ? Apakah saya sudah mulai keluar jalur atau OOT ?

Jawabannya adalah tidak sama sekali tidak saya masih berada di jalur yang benar. Meski tak ada jalur manakah yang sebenarnya benar bagi blog ini karena memang isinya tak terikat dengan aturan apapun, isi blog ini bebas. Sebenarnya saya hanya melakukan kebiasaan lama saya. Yup, masih seperti biasa, menulis dari apa yang saya pikirkan, rasakan dan alami serta pelajari. Oke deh, tak perlu lagi prakata ini saya perpanjang lagi, sudah sekian saja.

Ke judul, itu adalah pengalaman saya dalam dua minggu terakhir, menggunakan ponsel anyar keluaran BenQ. BenQ C30, itulah handset yang alhamdulillah telah bisa saya miliki sebagai ponsel pertama yang tertulis dalam sejarah hari-hari saya. (Jadi malu sendiri, mungkin dalam hati anda berkata ‘Hari gini baru beli hp, dari mana aja, jaman batu ya ?’🙂 ), tapi itulah nyatanya, selama ini walau uang sudah di tangan saya merasa kurang begitu tertarik untuk segera membeli sebuah perangkat genggam yang bernama hp. Meski saya sering sekali mengintip-ngintip untuk mencari tahu berbagai tipe dan model yang mungkin cocok.

BenQ C30

Langsung saja, *dari tadi langsung terus tapi nggak jalan-jalan ya*😀 sekarang kita membahas perangkat tersebut, apa kesaktiannya sehingga saya tertarik padanya, dan apa pula keburukan dibalik kecantikkannya tersebut.

Kecantikan

  • Desain yang simple.
    Memang meski tergolong ponsel untuk kalangan menengah ke bawah, tapi untuk desainnya bisa dibilang baik. Tidak macem-macem, candybar biasa, tapi dengan ukuran yang sesuai dengan tangan kita 108 x 47.3 x 14.4 mm. Lumayan tipis, dan cukup nyaman di tangan dan ini adalah hal yang paling menarik saya. Selain ukurannya, layarnya juga tajam 262k meski hanya dengan resolusi 128x160px, tapi masih cukup jelas saat tertimpa sinar matahari secara langsung saat berada dengan setting kecerahan layar maksimal.
  • Penuh fitur
    Jangan dikira ponsel yang kelas menengah itu kurang memiliki kemampuan untuk bersaing dengan mereka yang tergolong ‘lebih tinggi’. Cukup lengkap apa yang ditawarkan perangkat kecil ini, dan semuanya bukanlah hal murahan. Dalam perangkat ini sudah ada berbagai fasilitas hiburan dan komunikasi. Pemutar musik, Radio FM, Kamera (meski VGA tapi sudah agak menghibur) bersarang di dalamnya untuk menyokong kemampuan multimedia ponsel ini. Hal yang menarik dari ponsel ini adalah dari ketiga fitur multimedia utama di atas, semua telah ada tombol shortcut pada bagian atasnya untuk mengakses ketiga menu tersebut.
  • Storage dan Konektifitas
    Berbagai fitur multimedia telah disertakan tentunya hal tersebut akan menuntut tersedianya kapasitas penyimpanan yang besar. Dan BenQ nampaknya melihat hal ini, sehingga tak heran jika akhirnya ponsel ini dibekali dengan slot microSD yang bisa kita isi data hingga 1 GB. Sangat luas untuk sekedar menyimpan lagu-lagu kesukaan dan gambar, hal ini pulalah yang menyebabkannya unggul saat saya menimbangnya dengan SE K510i yang hanya memiliki ruang simpan paten 28 MB. Meski jika dilihat dari konektifitas BenQ C30 tertinggal jauh dengan tidak memberikan jalan komunikasi kepada perangkat lain selain kabel data sedang K510i memiliki infrared dan bluetooth. Namun masih ada hal lain yang cukup mengagetkan saya GPRS kelas 12 itulah yang diusung ponsel ini, lebih tinggi dari kebanyakan ponsel GPRS yang rata-rata berada pada kelas 10.
  • Dual speaker, So Loud !!
    Satu yang juga unik, dengan dual speaker yang ada di balik wajah kalemnya, suara yang keluar dari sana terdengar sangat kencang. Bahkan jauh lebih kencang dari kakaknya BenQ-Siemens C31. Jika dibandingkan dengan salah satu ponsel XpressMusic Nokia (Nokia 5300) speakernya juga tidak kalah kenceng. Walau tanpa efek 3D Sorround yang hingga kini saya kurang bisa merasakan perbedaannya😀 Disamping itu masih ada beberapa fitur lain, seperti pembaca E-book (masih bingnung juga format apa yang bisa dibaca [dot]chm nggak mau nih], BMI yang dapat memberi informasi tentang berat badan kita, yang ini khusus perempuan kalender menstruasi yang anda tinggal memasukkan tanggal terakhir anda mengalaminya dan lama rata-rata anda mengalaminya, maka secara langsung akan diciptakan prediksinya dalam masa yang akan datang.

Kekurangan

Tiada gading yang tak retak, begitu juga ponsel ini. Meski memiliki bejibun keunikan diatas, dia juga memiliki kelemahan sebagai berikut :

  • Kamera dan Konektifitas
    Seperti yang telah saya sebutkan diatas, konektifitas dengan perangkat genggam lain memang ada sedikit keburukan. Cuma ada kabel data yang sekaligus menjadi kabel charge untuk di colokkan ke PC. Kameranya juga demikian, cuma VGA, meski hasilya juga tidak terlalu buruk.
  • Tanpa Themes dan modifikasi EQ
    Bosan dengan tampilan yang ada di dalam ponsel ini tak bisa diobati dengan melakukan pergantian melebihi wallpaper dan screensaver saja. Dan satu lagi meski didukung dangan kemampuan mamainkan musik secara handal, ponsel ini juga tak mengijinkan kita untuk memberikan perubahan paa preset Equalizernya.

Yup itulah semua yang ada dalam perangkat genggam yang sekarang sedang aku pakai. Semoga saja ini bukan pamer, tapi sekedar info bagi yang membutuhkan.

Wajib dibaca juga : Lebih Baik Nggak Beli BenQ /Siemens

47 thoughts on “BenQ C30

  1. welcome back🙂
    cie… selamat ya punya HP baru. ^^
    gw setuju sama desainnya yang bagus…
    tapi ya itu, sayangnya gak punya bluetooth… *temanku punya handphone serupa*

  2. kalau setting GPRS-nya gimana ?
    dah nyoba belum ?

    Terus katanya support Java, bisa nggak di instal aplikasi .jar nya.

    Semoga cepet di balas, dan bisa membantu saya

  3. selamat yan punya HP baru, makan makannya jangan lupa ya…. he he he
    HP mulai dari yang murah banget sampai yang mahal banget tuh banyak sekali
    tetapi yang paling penting adalah,,,

    ADA PULSA KAGAK…?

  4. sepertinya ini hape kalo hanya buat muter mp3 atau radio saja nggak perlu kartu sim deh. Jadi walau nggak ada pulsa tetap saja bisa muter lagu. coba aja copot sim card-nya, dan mainkan lagu. semoga bisa. cmiiw

    Sudah saya coba, tetep bisa kok, memang sih layar standby yang biasanya muncul gambar pilihan kita akan muncul peringatan “Insert SIM Card” trus di menu kanan yang biasa SMSjadi SOS dan bagian kirinya dari Namejadi Options tapi dari Options itulah kita bisa mengakses menu yang tampilannya akan seperti saat kita berjalan pada flight mode.😀

  5. Artikel-artikel di blog ini bagus-bagus. Coba lebih dipopulerkan lagi di Lintasberita.com akan lebih berguna buat pembaca di seluruh tanah air. Dan kami juga telah memiliki plugin untuk WordPress dengan installasi mudah. Salam!

    http://www.lintasberita.com/Teknologi/BenQ_C30/

    Mungkin saat ini lebih baik saya tetap begini saja lah mas/mbak. Tanpa apa-apa dengan mengandalkan penggunaan mesin pencari saja pada bulan ini dimana saya hanya posting 2 kali pengunjung blog kecil saya ini sudah mencapai angka 1600 kok.😀 Makasih deh usulnya.

  6. saya baru saja beli hp benq c30, tapi katanya support java, tapi kenapa saya tidak bisa menginstal satupun aplikasi?

    Senasib bos, emang nggak bisa install apa-apa nih hp. asiknya ya di radio sama musik aja, nikmati aja yuk😛

  7. ya nich bini gue juga punya gue suruh instal juga nggak bisa, tolong donk, yang bisa kasih yau gue

    Sejauh ini memang belum ada aplikasi yang bisa di install tuh pak😦

  8. salam sesama pengguna benq
    saya punya benqs88
    iya benq emang susah buat di instal
    baik aplikasi maupun game😦
    jadi nyesel juga beli benq

  9. BENQ SIEMENS C30 KU BARU BELI 2 MINGGU LAMPU KEYPAD UDAH NGGA NYALA LAGI, DIKOMPLAIN KE SERVICE CENTRE NYA MALAH DISURUH NUNGGU, UDAH 3 BULAN NGGA ADA KABAR, JADI KESIMPULANNYA, PRODUK GAGAL !!!!!

    Walah, sekarang punya saya juga ada di service center, gimana nih

  10. waduh…g bisa diinstal applikasi apa berarti g bisa buat internet juga ya? trs iklan GPRS 12 tu serius or g si???
    aq udah terlanjur bli Benq C30, tapi masih dibawa kakak, so blm nyampe ke tangan. aq sering bgt buka internet lewat hape, tp klo teryata g bisa dipake, yah sama aj boong dunk..😦

    aku pake’ IM3 bisa kok, normal aja. dan emang lumayan cepet GPRS nya

  11. numpang nanya format game untuk ben-q pake apa????

    Kalo lihat dari spec yang Java MIDP 2.0 sih mestinya bisa untuk yang ekstensi .jar atau .jad. Tapi nyatanya ga bisa tuh😦 Saya juga ga install aplikasi apapun😛

  12. Hp q tuh sama, c30. Tapi apa bisa di install something lah. Masa’ game-nya itu-itu doang.
    Bosen neeh! Ada yang punya saran web game freeware mana yg compatible ama nih hp? BENQ C30

    Jangan sedih, emang nih HP aneh,minta diganti aja kali ya😛 Katanya MIDP 2.0 tapi ga kenal sama file jar dan jad😦 So, nggak bisa install apa-apa deh😛

  13. numpng tanya dooong…!!
    aku juga pemilik hp Ben Q C30,
    yang aku mau tanyakan, gimana cara ngatur gprs hp ini dan gmna cara biar hp ini bisa jadi modem ke komputer,aku juga pengen bisa internetan di rmh ndiriii…tlong ya…??

    >>Untuk setting gprs, dulu aku langsung bisa gitu aja tuh pake IM3 tinggal ikutin petunjuknya, nah, kalo modem kayaknya nih hp naku juga belum nyoba tuh,😦

  14. AKU MAU NANYA NI KLO BLEH TAU CARA SETING MMS GMN?SOALNYA DULU PERNAH COBA TIPE HP G DIKENAL

    MMS khan otomatis dah bisa kalau kita sudah sukses setting GPRS nya, sebagai contoh, bila kita habis ambil gambar khan ada pilihan unuk hapus dan buang di kanan dan kiri, trus kalo kita tekan yang tengah (gambar amplop) kita bisa langsung ngirim gambar itu sebagai MMS. Nah kalau dari file manager tinggal pilih foward to MMS kalo kita ingin ngirimin sesuatu.
    Jadi, intinya nggak perlu setting MMS, kalo GPRS dah aktif langsung dah bisa.

    NB: SIMcard saya IM3, untuk ngaktifin tinggal pilih profil jaringannya setelah masuk WAP.

  15. nah,,kalo pake kartu nya xl,gimana cara aktifin gprs nya,soalnya dah nyampe 500x aku nyoba tapi hasilnya nol besar.apa mending khusus dengerin musik wae,trus beli hp baru yang mudah buat ngeblog/petting ya…??

  16. sama! benq juga hp pertamaku! kukira cuanggih ya. mau download game nggak bisa.opo aku yang gak bisa yah. o iyo kalau dijadiin modem tuh isp nya diisi apa. kamu udah coba belum pake c30 jadi modem. trus pernah pas buat make motret pas klik e nggak bisa mati kameranya waduh sempat bingung deh

    Ya, senasib, emang tuh c30 nggak bisa diinstal java, nggak kenal sama file beresktensi .jad atau .jar. Aku belum pernah nyoba buat modem sih, tapi mungkin menyesuaikan dengan kartu GSM yang kita pakai kali. Kalo kamera, selama ini masih oke juga sih, nggak pernah tuh ngalamin masalah, settingnya kamu buat mulshot kali.
    Btw, service centernya emang benar2 gak bisa diandalkan tuh benq, belum genap dua minggu aja dah rusak lagi tuh port yang ada di bawah, jadi nggak bisa napa2 deh, nambah musik nggak bisa(tanpa card reader) charge juga nggak bisa, apalagi dengerin radio via headset, dasar produsen nggak bertanggung jawab😈

  17. Aku juga kesusahan neh mo setting GPRS…aku dah coba juga pake IM3….tapi pas mo ngaktifin GPRS via sms….katanya benq C30 gak masuk OTA…kumaha nyak?…

    OTA ? Maksutnya? Punyaku bisa kok

  18. aq mau tanya tentang pengaturan gprs pake im3.aku pernah coba tapi slalu gagal,,kan klo pake im3 caranya ketik GPRS BENQ C30 gitu..tapi d balas keyword salah,,,jd gmn tu,,,tlong bls ya please,,

    Kalau lihat petunjuk kartunya sih emang gitu, Kalau aku dulu langsung pakai dah bisa dah disetting sama yang ual, coba kamu tanya kamu outlet tempat kamu beli.

  19. aku juga pake hape benQ tipe c30…

    aku mau tanya ni hape bisa diganti themesnya g?

    kemaren juga sempet ilang data di hape ini gara2 ada virus yang masuk waktu nyimpen data2 tugas kampus…

    ngeselin banget…

    udah gprsnya ga jalan,,,

    kalo ada yang bisa bantu aku cara aktifin gprs pake kartu simpati tolongin ya,,

    kirimin jawaban anda ke email aku…(ra_cr7@yahoo.com)
    thanks banget…

  20. themes? ga bisa non,
    nggak ilang kali, paling cuman kehidden, yang di hidden khan nggak bisa diliat pakai file manager.
    Wah, soal gprs simpati ga tau aku aku pake IM3, dulu dah langsung ON, gimana juga counternya ngaktifin aku juga ga tau😛

  21. gw juga pusing tapi ya lumayan lah orang gwe di kasih ko..tapi emng video recordernya lambret ya???wah klo bnr produsennya ga brtanggung jawab kita laporin ke YLKI aja yuk….wasu tenan

  22. bos, nasib kita ga jauh beda… aku jg pusing ma tu hp… tulung sampeyan coba setting koneksi modemnya ya ntar kalo dah bisa kasih tau aku ok…. aku bisa kembali ke jaman batu neh kalo sehari ja ga ngenet…

    • Sorry Bos, meski gue juga lom ngejual ni hp. Tapi sekarang ane lebih seneng make Motorola W388 yang baru.
      Juga baru belajar buat nyulap tuh hp jadi modem sih. Untuk BenQnya ga deh😦
      sorrry…..

  23. Ping-balik: .:: Kamty’s Little Page ::. » True Comparison Motorola W388 Vs BenQ C30

    • Coba aja bro, kirim ke operatornya sesuai petunjuk kartu U
      kalo nggak ya manual, rubah aja di profilnya.
      Saya dah ga inget2 betul, hp ini sudah saya jual sekarang.

    • Ya lewat kabel data mas (kalau ada), kalau nggak ya ambil dulu MMC-nya, isi di komputer baru masukin lagi.

      Btw, saya sudah juah hp ini sekitar satu setengah tahun yang lalu mas, jangan tanya2 lebih ya😀

  24. kenapa ya Hp siemens benq C30 ku koko sering hang juga gak bisa hidup,cuma kedip2 aja,padahal baru 5 hari tak flash kan?tolong yang tau caranya,kabari aq dong…thanks attention e

  25. Gmn yah seeting gprs C30 pke krtu AS????
    Kok sy sms ke telkomsel g bisa, trus klo manual apanya yg diubah,,,Data WAP atau Data GPRS???
    Mohon di jawab yah please,,,,,

  26. benq C30 ni hp apan sih pusing bener? kaga bisa diinstal aplikasi sama sekali, pdhal dah dikasih pc syncnya jga ga jalan. ada yg tau ga cara instalnya? apa mening dibuang aja😦

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s