Windows XP Paling Keren

Yup, lagi-lagi bahas kostumisasi windows xp. Ya karena sesuai dengan posting saya sebelumnya tentang You Search I’ll Provide itu. Beberapa hari yang lalu, saat saya melihat statistik blog ini pada hari dengan jumlah pengunjung yang lumayan lebih banyak dari biasanya. Saya melihat ada orang yang mengetikkan ‘mengubah tampilan Windows XP lebih keren’ dan ‘mengubah tampilan windows XP menjadi vista’ . Akan tetapi, saya merasa apa yang saya tulis kemarin dalam postingan saya tentang hal yang serupa masihlah sangat sedikit dan kurang memadai. Ada sedikit rasa yang kurang enak di hati kalau hal ini saya biarkan. Oleh karenanya sekarang saya akan membuat posting tentang hal yang serupa yang sebisa mungkin saya buat agar lebih lengkap.

Oke deh, sekarang saya langsung memulainya. Untuk mengubah tampilan Windows xp anda agar tampil lebih keren, ada banyak cara yang bisa digunakan. Cara pertama adalah dengan mempergunakan windows theme yang bisa anda download dari berbagai situs yang ada di internet. Situs-situs penyedia themes, itu antara lain adalah crystalxp.net, wincostumize.com, ThemeXp.org, Vistachamp.com. Selain themes, situs-situs tersebut juga menyesiakan berbagia barang gratis yang bisa anda dapatkan untuk mengubah tampilan windos xp anda. Mulai dari bootscreen, logonscreen, yang akan mengubah tampilan windows anda.

Kita mulai dari mngubah bootsreen, itu tuh yang ada progresbarnya saat booting awal. Untuk mengubahnya dengan bootscreen lain yang lebih anda sukai, anda bisa mendownload bootsccreen dari situs yang telah saya sebutkan di atas. Bootscreen ini akan memiliki ekstensi *.exe atau file yang executeable. Hal ini karena bootscreen asli yang ada di sistem anda juga berekstensi .exe tentunya. File yang menentukan bootscreen tersebut dalam sistem anda adalah ntoskrnl.exe yang bersemayam dalam folder C:Windows/System32/. Cara paling sederhana untuk mengubahnya adalah dengan me-rename file hasil download yang anda dapatkan tadi dengan nama ntoskrnl.exe. Kemudian mengkopi atau memindahnya ke folder system32, tentunya setelah membuat back-up ntoskrnl.exe yang asli, demi menjaga kerusakan yang mungkin timbul. Cara lain adalah dengan menggunakan bootscreen hasil download anda adalah dengan menggunakan aplikasi lain yang bisa menggantinya dengan lebih aman. Tapi demi menjaga agar posting ini tak terlalu panjang, mungkin akan saya posting pada edisi mendatang.

Selain hal tersebut ada lagi yang namanya bootskin, saya kurang paham dengan barang yang satu ini. karena setahu saya file bootscreen itu jika kita menggunakan styleXp ekstensinya adalah *.bootscreen. Menurut wincostumize.com bootskin juga berfungsi untuk mengganti bootscreen. Bahkan disana malah ada salah satu tutorial untuk membuat bootskin sndiri, katanya sih tinggal dobel klik pada file hasil akirnya nanti yang kita zip, tapi diberi ekstensi *.bootskin maka bisa langsung terinstall. Tapi nyatanya tidak bisa, musti menggunakan bootxp, ( aplikasi juga nih ) untuk menggunakannya. Setelah memakai aplikasi itu nyatanya bisa berubah juga, tapi malah nggak bisa masuk ke sistem setelah bootscreennya muncul, susah lagi makai teuh program😦

Selanjutnya adalah logonscreen, file di folder aslinya (system32) yang berkaitan dengan logoscreen adalah logonui.ex. Terus terang saya belum mencoba untuk mengganti file tersebut dengan file hasil download saya. Cara lain untuk menggantinya adalah dengan aplikasi. Tentunya dibahas lain waktu😀 .

Sekarang adalah themes, anda akan mendapatkan beberapa file dalam satu paket themes yang anda download. Yang perlu anda perhatikan adalah file dengan ekstensi *.msstyles , karena file tersebutlah yang menjadi gerbang pengubah wajah sistem anda. Langsung buka saja file tersebut dengan mendobel-klik file tersebut. Maka akan muncul jendela display propertis yang sedah terseleksi pada tab appreance dengan themes tersebut yang dipilih. Langsung saja klik Ok untuk menggunakannya. Eh kelupaan, itu jika sistem anda sudah tidak perawan lagi, kalau masih asli-seaslinya maka bedasarkan pengalaman saya tak akan ada jendela display propertis yang muncul. Untuk mengatasi hal itu anda perlu mengadakan perubahan pada file uxtheme.dll yang juga terdapat pada folder system32.

Jangan takut tak dapat mengubahnya karena nggak paham bahasa script dalam file tersebut. Saya juga nggak paham kok. Karena jika dibuka dengan notepad maka yang muncul adalah tulisan-tulisan dengan karakter yang kita tak bisa membacanya. Untuk mengubahnya cari saja aplikasi yang bisa mengubahnya, yaitu uxtheme multi patcher yang sekarang sudah berada di release 5.5, cari saja di softpedia.com, pasti ada deh. Setelah itu buka file Uxtheme Multi Patcher 5.5 exe tersebut, turuti saja instruksinya. Maka setelah itu anda bisa menggunakan berbagai macam themes hasil download tersebut.

Catatan :
1. Selain mengubahnya dalam tampilan vista anda juga bisa mengubahnya dalam wajah lain yang jauh berbeda semisal menjadi linux atau juga mac.
2. Selama ini saya masih belum menggunakan bootscreen dari ThemeXp.org, memnag sih sangat banyak koleksi di website tersebut, tapi jika saya mencoba mendownload bootscreen yang ada di sana tanpa mematikan fitur web shield yang ada pada avast anti virus yang saya pakai maka secara otomatis akan muncul peringatan kalau yang saya download itu mengandung semacam adware, sodaranya spyware. Meski adware tak seperti spyware yang jauh lebih berbahaya, tapi saya lebih memilih menuruti saran avast, sehingga koneksi dengan serverpun langsung dibatalkan😦 .

22 thoughts on “Windows XP Paling Keren

  1. butuh banyak memory gak neh, secara pc saya cupu

    Ya nggak lah bos ini khan cuman kayak pakai theme biasa, xp biru apa perak itu.
    kalau butuhnya cuman theme, nggak usak utak-atik bootscreen segala, langsung install themenya saja😀

  2. Maaf Mas Anas…saya baru mampir. Maklum masih sering “tiduran” hehehe
    BTW bootscreen saya malahan berkesan narsis karena terpampang foto saya tuch hehehe

    Emang balik ngunjungi itu wajib ya😀 Dimaafkan😆
    Wah keren tuh nggak bakalan ada orang yang bisa nyombong kalo lagi pinjem tuh kompi:mrgreen:

  3. apa nggak bertambah berat ya? soalnya ingatn komputerku itu pas-pasan

    Relatif ringan cak, soale khan cuman ganti resource untuk memperoleh wajah yang lain
    paling ya bagian display yang bakalan kewalahan kalau theme pilihan kita agak neko-neko

  4. gmana cara masukin sendiri themes nya.. gw udah download trs gw klik yang description nya “windows visual style file”.. gak berubah.. gmana dunK?

    Itu berarti windows kamu masih asli banget pren, kamu perlu mengadakan update(patch) ke file uxtheme.dll yang ada di C:Windows\System32\
    Caranya gunakan aplikasi uxtheme multi patcher (cari saja di softpedia.com)
    Makasih atas pertanyaannya😀

  5. sipz dah bwt tutoriaL + aplikasi`nya😀
    kLo bLh req..
    Bs nda kLo desktop xp dibikin kubus desktop??!
    kLo bs…minta Link downLoad`ny dunkz kk …🙂
    kurang apLikasi desktop kubus doankz xp`q ud jd kyk Mac…🙂

    thanks..
    Bez`regrads

  6. hai, gua baru liat nih! keren abis. but, gua pernah download theme gitu dari vistawonders.com, di rumah gua buka. ternyata semuanya gak bisa diinstall ke komputer. why???

    Napa ya ? , coba deh aku cari tahu dulu
    Nut… nut… nut (loading 20 menit)
    Yup, dapet, tuh situs adanya khan cuman wallpaper non gimana mo diinstall, tinggal pake aja donk:mrgreen:

  7. om cara buat windows xp logon screen sama nama welcome nya pake program apaan sihh om ksh tau donks pleassseeeee

    Kalau buat bootskin itu aplikasinya biasa, pengolah image macam photoshop dan text editor. itu berdasarkhan yang ada di wincostumize kalau ngedit welcome itu (kata-katanya dan gambarnya) bisa saja kita pakai reshacker -cari aja dg google- tapi biasanya hasilnya nggak bisa bagus2 amat. kalau pengen langsung jadi bisa pakai tuneUp Utilities atau styleXP

  8. allo bos, sory yah saya pemakai window vista home premium,saya tertarik dengan fitur2 yang ada di software mac os,bagaimana cara saya mengubah style tampilan software vista saya agar bisa bisa pararel seperti software mac os,mohon bantuannya…. karena saya sudah mencari kemana2 dan belum mendapatkan sistem yang cocok untuk merubah tampilan style vista saya… mohon balasan secepatnya, salam

    • Harusnya emang langsung bisa,
      ga tau deh kalo ga jalan, mungkin ada yang kuran kali
      sepanjang saya mencoba selalu sukses kok.
      Baca lagi deh, kuti hati2
      tapi lihat disclaimer juga ya😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s