My Tricks

Sekedar tulisan iseng nih, mau posting yang agak panjang tapi materi belum disiapin. Jadinya ya posting yang pendek dan ringan saja. Nggak repot-repot dan kepanjangan. Mungkin sebagian dari anda semua sudah tahu akan hal ini, tapi nggak apalah yang penting saya mau berbagi sedikit hal yang saya ketahui. Langsung saja, kali ini saya akan menyampaikan beberapa trik yang biasanya atau pernah saya lakukan terhadap komputer yang biasa saya kendalikan.

Trik pertama adalah mengubah icon Local Disk yang ada di komputer anda menjadi lebih ‘anda banget’ atau lebih unik dan lucu. Berikut adalah gambarannya :

change disk drive icon using a .ico file

Sudah ngeh, mau nglanjutin ? Kalo mau langsung saja kita mulai. Untuk melakukan hal diatas kita tak perlu banyak tool, software khusus atau sihir dan jompa-jampi agar icon local disk kita berubah wujud seperti itu. Yang kita perlukan sudah ada di komputer kita, nggak perlu online untuk donload sesuatu apapun. *mbulet ya😉 * Langsung deh, pertama yang perlu anda siapkan adalah sebuah image dengan ekstensi ico, atau file dengan format icon. Langsung saja anda klik search pada start menu, klik all files and folders ketikan *.ico maka binatang peliharaan anda yang diberikan secara cuma-cuma oleh Om Bill akan menemukannya untuk anda.

Langkah kedua, setelah ketemu dengan icon yang anda rasa cantik dan cocok dengan pilihan anda, langsung saja kopikan ke drive yang anda inginkan perubahannya. Kalau anda kurang puas dengan apa yang ada di komputer anda bisa mencoba aplikasi ini, ini, atau yang ini. Eh bohong ya, katanya nggak butuh tool apa-apa😀 Ya nggak lah, itun khan bagi yang nggak terima dengan apa yang sudah ada, kalau anda nrimo seperti saya anda nggak butuh apa-apa khan. Setelah itu buka notepad. lalu ketikan dua baris mantra berikut :

[autorun]
icon=namafile[dot]ico

Dimana nama file adalah nama dari file icon yang anda kopikan sebelumnya. Sebenarnya anda tak harus mengkopi file icon tersebut di drive yang anda ingin ubah iconnya, tapi hal ini akan membuat kerawanan untuk salah menjadi besar. Sehingga iconnya malah akan berubah seperti file yang tak diketahui akan dibuka dengan program apa (kalau xp anda masih perawan akan berupa kertas putih dengan kotak-kotak kecil di tengahnya, berhubung punya saya sudah saya otak-atik jadinya ya seperti itu (gb.3) putih bersih😀 ), tapi tenang semua masih baik-baik saja, nggak ada resiko drive tersebut nggak bisa dibuka. Jika anda nekat malas untuk meng-kopi file icon tersebut, anda harus menulis urutan folder yang memuat file tersebut. Untuk melakukan hal ini, mantra tersebut akan berubah menjadi :

[autorun]
icon=\namafolder\namafolder2\namafolder3\bla 3x….\namafile[dot]ico

Itu jika file icon tersebut berada didalan folder yang berada di dalam folder lain yang juga berada didalam folder lainnya pula, *bingung khan😀 * mending ikutin yang pertama deh.Setelah selesai dengan menulis dua baris mantra di atas, simpan mantranya sebagai autorun.inf. Ingat, jangan salah, akstensinya .inf. Tutup Notepad selesai deh.

Setelah itu restart komputer anda, maka insya’Allah, *yakin 95% deh * icon drive anda akan berubah selama yang anda pakai benar-benar file dengan ekstensi .ico, bukan jpg, bmp apalagi gif. Trik di atas juga berlaku untuk portable media seperti flash disk atau mp3-player dan rekan-rekannya, kalau iconnya lain khan terlihat ‘gue banget’😀

Trick kedua, sepele banget sih, kalo anda malas logan-login ke blog atau account e-mail anda tiap kali buka internet lebih baik setting saja Firefox anda *saya asumsikan semua blogger memakai Firefox🙂 * pada option >tab main-nya di bagian startup (dropdown) pilih saja “Show my windows and tab from last time” Dengan catatan terakhir kali anda menutup adalah blog sesama WordPress atau tetap pada account anda untuk yahoo mail, atau tetap membuka blog dengan ekstensi .blogspot atau bahkan inbox gmail anda. Maka saat anda membuka Firefox lagi anda tidak perlu log-in lagi sekalipun, seumur hidup anda😀 Hal ini berbeda dengan Flock yang memaksa anda untuk sign out kemudian sign in lagi agar anda bisa mengaktifkan fitur post to blog-nya.

Nggak penting banget ya😀 Lho kok jadi panjang juga sih, banyakan muter-muter ya tadi😉 Buat yang mau tutorial Wallpaper kemarin ditunggu saja akan saya usahakan😎

7 thoughts on “My Tricks

  1. wah sekarang udah males dengan yang ginian, biarlah dengan setting dan tampilan default

    Loh itu khan cuman script yang dikit banget, nggak nguras resource deh,
    aktif di prosesnya task manager saja tidak😀😉

  2. hehe, aku juga suka ganti2 icon, tapi ga pake gtu2. yang biasa aj😛 btw, salam knl😉

    Lha pake’ apa lagi😕
    Btw, kok namanya nggak ngelink😦

  3. hoh kalo yang itu sih saya udah bisa,
    tapi saran aja biasanya kalo aku itu filenya di rubah ekstensi file *.ico-nya menjadi *.[terserah] *misal iconnya.aji*terus filenya di hidden, dan didalem file autorun.inf juga dirubah lho jangan lupa… atau iconnya dimasukin ke folder mana terserah & jangan lupa autorun.inf-nya disesuaikan juga oK.


    *bisik-bisik*
    jangan kenceng-kenceng, bikin malu aja *iks :D*
    makasih infonya ya, sekaligus bisa melengkapi nih😉

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s