pdf995

Yap, kali ini saya datang lagi dengan mengusung sebuah aplikasi alternatif seperti biasanya. Sodara blogger semua kalau buat pdf file pakai apa ya ? Foxit PDF Creator, Adobe Destiler, atau apa ? Entah sodara semua sudah ada yang makai atau belum tapi yang jelas saya nggak akan perduli, POKOKE posting tentang aplikasi yang satu ini deh. Aplikasi yang barusaja aku yemukan dari jalur yang nggak aku sangka sama sekali.

Penemuannya bermula dari buka alamat e-mail yang ada di POKOKE, ada sebuah iklan di samping e-mail yang muncul dari Apple Computer, kok bisa dapet e-mailnya Apple ya ? Lupa ah sudah berbuat apa, registrasi safari kali ya ? Begini bunyi tulisannya iklan itu :

Create and Edit PDFs Free
Free software, instant download. Professional quality, easy to use.”

Nggak iseng, entah setan mana pula yang memberi inspirasi, langsung saja klik link tersebut, dan saya pun langsung berhadapan dengan halaman untuk mengunduh file-file yang diperlukan untuk dapat menyulap file biasa menjadi file dengan format PDF. Akan ada tiga kelompok file yang dapat kita unduh kalau kita berhadapan dengan halaman untuk mengunduhnya saat ini. Kelompok pertama terdiri dari dua buah file, yang satu untuk mengkonversi segalafile lain ke PDF, yang satunya lagi adalah printer driver, yang berguna untuk membuat semacam Virtual printer pada komputer kita.

Sedang untuk dua kelompok file sisanya, kelompok pertama adalah pdfEditor-nya sedang yang palin bawah adalah signature dari program ini. Mulanya saya hanya mengunduh konverternya saja (5MB), kemudian ternyata program ini nggak bisa jalan kalau hanya menggunakan konverternya saja, harus mengunduh pula Printer Drivernya (2,1MB). Setelah diunduh dan sudah terpasang dalam komputer anda maka dengan tiba-tiba browser anda akan diperkosa untuk menampilkan REad Me dari program ini. Disana anda akan memperoleh sedikit petunjuk penggunaannya.

Memeng benar, menurut putunjuknya, setelah kita membuka suatu file, (saya coba dua kali dengan Notepad dan Word), kita bisa langsung mengubahnya ke format PDF dengan memberikan perintah untuk mencetak halaman tersebut dengan memilih Virtual Printer (PDF 955 Printer) yang telah diinstall program ini. Dan secara langsung program ini akan meminta kita untuk menyimpannya sesuka hati kita, tempat dan namanya. Namun tempat default yang dipakai untuk menampung hasil kerja aplikasi ini adalah sama dengan tempat nongkrongnya aplikasi dengan ukuran tubuh total sebesar 13,6 MB ini.

Setelah tersimpan, secara otomatis hasilnya akan muncul melalui aplikasi wajib yang anda beri tanggungjawab untuk membuka file PDF dalam komputer anda (sesua dengan Read Me lagi nih). Tapi ada lagi hal yang sesuai dengan Read Me yang paling dibenci bangsa ini, bahwa kita dianjurkan untuk membayar penggunaan aplikasi ini senilai $9,95 untuk konverternya saja, dan $19,95 untuk tiga paket tersebut. Meski nggak terlihat maksa banget sih, tapi promo untuk membayar ini akan selalu muncul setelah kita mencetaknya dalam bentuk PDF tadi.😦 Tap[i nggak apa-apa juga sih kalo nggak kita perhatiin, langsung aja tutup browsernya🙂 beres .

Satu lagi pesen mereka agak kurang mendukung pengguna pinguin nih kayaknya😦 :

We support Windows Vista (32 and 64 bit); Citrix/Terminal Server; configuration as a shared network printer; NT 4.0 and XP (32 bit and 64 bit); Windows 2003 (32 bit and 64 bit); and Windows 95, 98, 2000 and ME.”

2 thoughts on “pdf995

  1. Hore… pertamaax juga akhirnya!
    Thanks mas share info di artikelnya, bisa di coba nih kayaknya.

    Selamat menikimati pertamaxnya🙂 semoga nggak keracunan aja deh😦
    coba aja deh

  2. Ping-balik: University Update - Windows Vista - pdf995

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s