The Browsers

Sekedar tulisan untuk menghibur diri sendiri yang agak kurang fit, entah apa yang aku tulis ini nanti. Masuk kategori yang mana dalam posting kemaren aku juga nggak perduli. Yang penting nulis biar pikiran nggak suntuk mulu. Oke deh intro cukup sampai di sini, langsung aja aku mau sedikit nyampah tentang pengalaman yang aku dapat dari menggunakan berbagai browser. Ngga’ penting banget sih sebenarnya tapi aku ingin.

  •  Now to the first, IE alias Internet Explorer.

Gawan aseli dari jendela ini adalah alat selancar dunia internet yang pertama aku kenal dan aku pakai. Banyak yang kenal soale dia itu khan udah gawannya si jendela. Handal juga sih, satu yang paling aku benci, secara aselinya dia nggak bisa dibuat buka lebih dari satu site dalam satu halaman. Nggak ada istilah multi tab. Walaupun kalo diberi * kalo nggak salah * Yahoo! toolbar juga jadi bisa sih. Tapi sayang udah terlanjur kenal sama si Rubahapi yang bener-bener buat aku jatuh hati.

  • Rubahapi, alias Firefox

Yang ini yang paling sering kepake’ dan yang paling aku cintai. Selain memiliki istilah multi tab aku juga pernah punya pengalaman yang lumayan unik. Pernah nih waktu mau pake’ Flock sebagai peselancar utama, si Rubahapi aku uninstall sebelum nginstall Flocknya. Jadinya semua history dan password yang udah terlanjur males nginget karena udah diinget sama sang peselancar ikut hilang entah kemana. Nggak sempet keimpor sama Flock. Tapi begitu merasa nyesel dan kurang nyaman dengan data pribadi yang sempet ilang itu, trus si Rubahapi dipasang lagi, ternyata semua data dan password masih kesimpen. Hebat khan. Tambah lagi saat kita make’ theme win 98 dianya ikut, pake’ xp ngikut lagi, giliran pake muka Vista yang aku dapet dari VTP juga nggak mau ketinggalan. Salut deh. Full plugin lagi.

  • Flock

Yang ini juga sempet membuat hati kecantol, tapi bentar. Sekarang make cuma kadang-kadang. Satu yang agak menarik adalah saat kita sudah menyeting blog kita, dengan klik kanan pada suatu artikel di internet kita langsung memasukkan tulisan itu sebagai posting. mBajak makin asyik tuh. Selain itu ada akses cepat ke MySpace, MTV, dan you tube. Lengkapnya lihat disini.

  • Setelah Flock, Safari

Apple computer ternyata nggak mau berdiam, berhubung sebagian besar pengguna kompi make’nya jendela mereka pun membuat browser mereka yang bisa dipakai untuk pengguna jendela. Biar para pengguna jendela ingin menikmati Mac OS dari pengalamannya make tuh browser kali. Satu hal yang pernah aku alami bahwa menggunakan Safari itu sulit, mungkin kompinya yang kurang kuat. Required of RAM is 256 MB sedang yang aku pakai 128 ya ngos-ngosan nih kompi. Langsung buang aja deh. memang wajahnya keren, mirip-mirip sodaranya yang bisa buat muter and nyari lagu, iTunes.

  • Netscape.

Yang ini sang legendaris browser nampaknya ingin mengembalikan kejayaannya sebagai browser ngetop markotop. Mereka juga buat rilis untuk versi jendela. Kalo diliat dari wajah kayaknya ini browser adalah hasil kawin silang antara Firefox, Flock, dan juga Safari. Gimana enggak, multi tab= iya, sama kayak Firefox, trus ikon tutup tabnya tuh mirip banget sama punyanya Flock. Nah giliran si Safari itu kebagian jatah untuk dimiripin pada skinnya yang gelap-gelap keren. Satu  yang lumayan menarik jika kita buka link ada pilihan  ‘open link in the sidebar’  jadi satu halaman bisa buat buka dua site sekaligus. Kloning yang keren deh. Tapi, sekeren-kerennya Netscape cintaku masih pada Firefox.

Dah ah, hati ini sudah terhibur dengan sedikit sampah ini. Moga nggak jadi msampah yang sesampah-sampahnya ya.

10 thoughts on “The Browsers

  1. saya masih pake IE (soalnya males install firefox😛 )
    lagian kalo di firefox, tampilan blog saya aneeeh…hurupnya beda2 gitu😦
    tapi kalo di kantor pake safari. safari enak tuh. cepat dan cukup praktis. mungkin karena macintosh, makanya cepat. saya suka safari😀
    thanks infonya…
    btw opera ga ada ya??😕
    @ cK
    Eh iya bener tuh Chik blogroll kamu biasanya kecil dan klo nggak salah hurupnya times new roman tuh. Kirain emang udah dari kamunya. Safai cepet, klo hardwarenya dukung, kali. Tapi apakah aku harus nyoba lagi ? Opera ? Penah make’ tapi di warnet. Klo disini belum pernah tuh.

  2. waaahh pada pakai firefox ya??
    saya masih suka dengan OPERA hahaha walaupun faierfoks dan IE ada hehehe^^
    saya namai shortcut firefox dengan “pilihan kedua”
    saya namai shortcut IE dengan “ngenet suwi banget” hehehe

    @ Puguh
    Walah pilihan kedua ? Nggak rela deh aku. POKOKE te em Firefox is the best. Tapi kalo kamu nggak rela juga kalau Opera dibilang kalah sama Firefox boleh kok nambahin disini. Via komen tentunya.

  3. aku firefox juga deh… padahal tadinya benci… tapi setelah banyak fasiltias curi image gampang ku pake dehhhh🙂
    @ kang peyek & pak kurt
    Yap, Firefox is the best.

  4. Yup! FF adalah pilihan tebaik😀. Palagi kalo pake yang portable, kita bisa custom tampilan dan bookmark kita sesuka hati, tanpa kudu ganggu pengguna yang lain. Addons sama RSS juga bakal tetep nancep di situ. Top markotop degh.

    Buatku prior browser is
    1. FF, tak perlu ditanya🙂
    2. Opera, FF keduaku
    3. IE, kepekso!

    Flock, Netscape dan Safari cuman iseng aja make. Karena gak bakal tetep stanby di komputer.😀

Tinggalkan Balasan

