Garry Kidall

Yah posting lagi, berhari-hari nyoba untuk berhenti onlen komen-komen. Hari ini aku muncul lagi dengan mengeluarkan posting pada waktu yang salah menurut aturan posting yang baik dan benar menurutku. Tapi nga’ pa-pa. Itu khan ilmu biar blog kita banyak pengunjung n’ rame komen *walo aku nga’ gila komen juga sih.* Klo hari ini aku ikhlas nga’ berharap komen banyak. Yang penting yang baca banyak dan banyak yang dapet ilmunya gitu aja.

Halah kelamaan langsung saja ke topik utama, melanjutkan pertanyaan pada posting tentang Bill Gates Tuh di bawah. Hari ini pertanyaannya akan berusaha aku jawab. Siapakah pembuat OS PC pertama kali ? Pasti semua udah pada tau kok. Udah baca judulnya khan.

Monday, February 19, 2007 /* tanggal rilis tulisan yang sebenernya*/

Gary Kildall, Pembuat OS PC Pertama

Mungkin kisah ini jarang diangkat ke permukaan, tentang siapa sebenarnya yang membuat OS pertama untuk Personal Computer (PC). Seorang Gary Kildall, sang pemberi jalan dari kebingungan yang dialami IBM, kala mereka berhasil membuat PC nya yang pertama. Tak lain ini karena menyangkut “nyawa” Operating System (OS), yang seharusnya menempel dalam PC tersebut. Selain itu, dia adalah sahabat kental sekaligus jadi idola Gates.

Gary yang meninggal bulan Juli tahun 1994, dianggap sebagai salah satu sosok penting dalam percaturan komputer dunia. Memang nasibnya kurang beruntung karena meninggal akibat masalah yang jauh dari dunia yang ditekuninya yakni komputer dan pemrograman. Salah satu laporan menyebutkan, dimana suatu hari, saat ia kongkow-kongkow di sebuah bar, dia mengalami insiden yang kemudian merenggut nyawanya menyusul serangan jantung dahsyat yang menerpanya. Setiap pemilik PC, harusnya berterima kasih dengan hadirnya Gary dalam dunia ini. Sudah barang tentu ini karena, bisa jadi tanpa kehadirannya, PC-PC yang ada saat ini hanyalah akan menjadi onggokkan perangkat keras yang tak bisa berbuat banyak, karena tak memiliki nyawa yakni OS.

Tak kurang, pengakuan itu juga datang dari bosnya Microsoft Bill Gates, yang menyatakan tak ada yang lebih hebat seperti yang pernah dimiliki Microsoft yakni seorang Gary Kildall. Basic pendidikan Gary memang sangat memungkinkanya menelorkan ide dan hasil karyanya menjadi yang terbaik. Karena laki-laki yang meraih gelar Ph.D. pada bidang ilmu komputer dari University of Washington pada tahun 1972 itu, telah berhasil meyakinkan pihak IBM hingga kemudian bergabung dengan Microsoft, yang terbukti dimana kedua perusahaan itu akhirnya menjadi raksasa komputer yang amat ditakuti dunia.

Setelah menyabet gelar Ph.D. nya, Gary memang tidak langsung bergabung dengan pabrik hardware maupun software komputer, tapi malah bergambung dengan Angkatan Laut AS, yang dipercaya menangani komputerisasi di armada AL terbesar di dunia itu. Seperti halnya Gates, Gary, memiliki kesabaran yang cukup tinggi terhadap komputer. Betapapun keduanya tetap memiliki perbedaan, yang berarti keduanya tak bisa dibilang sebagai “pinang dibelah dua”. Lantas, dimana letak perbedannya? Tentu saja masalah background pendidikan, karena Gary mampu menyelesaikan semua tugasnya belajarnya dengan baik hingga lulus. Sedangkan Gates, gelar Sarjana Mudapun tak berhasil diraihnya. Dan memang keduanya juga memilki selisih masa pendidikan, karena saat Gary sudah duduk di bangku kuliah, Gates masih duduk di bangku SMU. Namun hebatnya, keduanya (dengan selisih masa pendidikan) bisa bekerja pada tempat kerja yang sama yakni DEC PDP-10 computer system.

  • Kecantol IBM

Tapi sebelum berpanjang kata, bagaimana sebenarnya kiprah awal Gary bisa kecantol IBM yang kemudian menjadi “pahlawan” bagi raksasa komputer itu, terutama demi melawan Apple, yang sudah gembar-gembor bisa membuat komputer yang bisa dimasukkan dalam sebuah kamar [waktu itu]. Awalnya begini, ketika IBM merencanakan untuk membuat komputer IBM PC-nya, IBM membutuhkan sebuah OS. Namun IBM benar-benar bingung, siapa yang mampu dan bakal bisa mengisi “jiwa” OS dari komputer yang akan dibuatnya itu? Rupanya takdir membuat IBM bertemu dengan Gary Kildall dan Bill Gates (sudah memiliki tim programer). Itu berarti, IBM punya dua kandidat hebat agar komputernya bisa terisi OS, yakni Gary dan Gates.

Terjadi salah pengertian, karena IBM mengira Bill Gates (Microsoft) telah memiliki OS, padahal Microsoft kala itu hanya memiliki programming language (Basic). Maka, akhirnya, Bill Gates mengirimkan rombongan IBM ke tempat Gary Kildall. Setelah semuanya beres, terjadi non disclosure agreement yang sangat memberatkan dan sebagainya. Hingga kemudian kerjasama Gary dan IBM kandas di tengah jalan. Inilah yang aneh, karena akhirnya IBM memilih Microsoft (setelah Microsoft membeli sebuah OS lain). Namun, IBM menemukan 300 Bugs dari OS yang ditawarkan Bill Gates dkk.

Hingga akhirnya mereka kembali kepada Gary yang gabung dengan DRI (perusahaan pembuat OS yang didirikan oleh Gary) dan berhasil membuat OS CP/M-86, semantara IBM menggunakan DOS Version 1.0, namun ternyata DOS Version 1.0 juga banyak mengandung bug hingga kemudian digabung dengan CP/M-86, sampai menghasilkan OS yang multitasking dan windowing.

  • Microsoft Belajar dari Gary

Melihat besarnya Microsoft, tak terbayangkan kalau sebelumnya mereka harus belajar penuh terhadap keberhasilan yang diraih oleh Gary, DRI dan Apple (dengan Mac GUI), yang terbukti berhasil membuat OS-OS handal untuk PC kala itu. Saat Windows masih belum mencapai versi 3.0, Microsoft benar-benar belum diperhitungkan oleh kalangan komputer dunia, karena mereka masih belum bisa menghilangkan kekurangan-kekurangan yang dimiliki, selain juga dalam OS nya juga masih menggunakan DOS, yang notabene bukan hasil karya mereka sendiri. Kelemahanya lagi, OS yang digunakan oleh Microsoft itu belum mampu multitasking. Baru pada musim semi 1990, Microsoft dengan bangga mengumumkan peluncuran Windows 3.0, yang sudah memiliki kemampuan berlebih, selain kemampuan multitaskingnya, juga makin sedikitnya bug yang dikandung serta icon-icon menawan yang bisa merayu para user. Semua kehebatan itu, jelas hasil pembelajaran yang dilakukan MS terhadap Gary, DRI dan Apple, yang terlebih dahulu mampu melakukannya. /* selesai. tamat*/

Lho kok pake’ tanggal rilis yang sebenernya segala ? Jujur sejujur-jujurnya artikel ini memang hasil Co-pt. Dan sumbernya pun entah dari mana aku nga’ tau lagi. Aku dapet dulu waktu masih kuliah. Waktu ada tugas ngorek-ngorek sejarahnya Windows sama DOS. Nga’ taunya waktu googling dapet itu penasaran ambil aja deh. Sekarang bisa buat bahan untuk posting he he he..

Tapi, kok ada yang agak aneh ya ? Beda banget dari yang kemaren diktakan klo usaha Paman Bill itu mulus dengan keringat sendiri. Disini kok pake’ngirim orang IBM ke tempatnya Garry segala ya ? Pokonya ada deh yang lainnya lagi yang juga aneh. Apa disana juga masih musim budaya mengaku yang paling baik gitu ya, budaya tak bangga akan hasil karya ciptanya sendiri? Padahal sumber kemaren itu keliatan meyakinkan loh. Apa aku dibohongi sehingga anda juga ikut baca berita bohang yang pada akhirnya kita ada dalam kebohongan ?😛

 

2 thoughts on “Garry Kidall

  1. <blockquote>Hari ini aku muncul lagi dengan mengeluarkan posting pada waktu yang salah menurut aturan posting yang baik dan benar menurutku.</blockquote>
    Wah jangan2 Mas Anas pakai primbon kalau mau posting hehehe
    ************
    Lagi2 nulis tentang informasi sejarah dunia komputer. Terima kasih Mas, saya ini tidak tahu tentang dunia komputer apalagi sejarahnya jadi tulisan Mas Anas sangat membantu saya.
    Ditunggu kelanjutannya

    @ DeKing
    Bukan pake’ primbon pak guru, kebenaran cara posting yang aku maksud itu adalah pada postingan tetang ilmu ngeblog itu, danitu hanya sebatas analisa yang tak perlu diingat oleh siapapun.
    Kelanjutan, kapan-kapan deh yang ngga’ tentang sejarahnya juga mau toh ?

  2. artikel ini kok beda ya dari yang biasanya kita tahu… btw perlu dicopy ini …..🙂

    @ Pak kurt
    Bedanya dimana pak ? Kalo pada tema saya asa nga’ juga karena blog ini bukanlah blog yang tematis, jadi apa saja asal saya mau pasti bisa saja keluar postingnya. Tapi kalo diliat dari isi dan gaya bahasa, memang itu khan hasil copy-paste. 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s