Microsoft

Ada yang tau kapan ya kira-kira Bill Gates mendirikan Microsoft ? Aku yakin udah ada yang tau, tapi nga’ ada salahnya keliatannya klo aku posting yang ini. Biar tambah orang yang tau sejarahnya tuh pabrik Software. Langsung ini adalah cerita awalnya yang aku translate dari http://ei.cs.vt.edu/~history/Gates.Mirick.html. Sorry nga’ di link, biar ada sedikit aktivitas gitu loh. LAngsung ya, gini nih:

Bulan desember 1974, Paul Gardner Allen yang sedang dalam perjalanan untuk mengunjungi Bill Gates, berhenti untuk mencari majalah edisi hari itu. Apa yang ia lihat merubah hidupnya dan hidup Bill Gates selamanya. Di halaman muka terdapat gambar Altair 8080 dan headline “Perangkat Mikrokomputer Pertama Dunia Yang menyaingi Model Komersial”. Ia segera membeli dan pergi ke rumah Bill Gates. Mereka berdua berpikir bahwa ini adalah sebuah kesempatan besar. Mereka sadar bahwa komputer rumahan akan meledak jumlahnya, dan tentunya kana diperlukan sofware atas mesin baru itu.

Dalam beberapa hari, Bill Gates telah dipanggil oleh MITS (Micro Instrumentation and Telemetry Systems), pembuat Altair. Ia bercerita bahwa perusahaannya telah mengembangkan sebuah BASIC yang dapat diopergunakan di Altair. Ini adalah dusta. Bahkan mereka sama sekali belum menulis sebaris source kode pun. Mereka tak punya Altair ataupun chip yang menjalankan sebuah komputer. Perusahaan tersebut (MITS) tak tahu akan hal itu, mereka sangat tertarik untuk melihat BASIC tersebut. Kemudian Paul Allen dan Bill dengan keras untuk mencapai apa yang mereka janjikan. Kode program dipasrahkan pada Bill Gates, sementara Paul Allen mensimulasikan Altair dengan PDP-10 milik sekolah kampus.

Delapan minggu berlalu, mereka berdua merasa yakin dengan programnya. Allen pergi ke MITS dan menunjukkan hasil kerja mereka. Esoknya setelah Allen pilang dari MITS, adalah waktu untuk mengetest BASIC yang mereka buat. Memasukkan program itu dalam perusahaan adalah kali pertama Allen menembus perusahaan. Jika Simulasi Altair atau code yang dibuat Bill Gates tidak bekerja dengan benar, usaha mereka nampaknya akan berakhir sampai di situ.

Tapi, kenyataannya tidaklah demikian, program itu berjalan dengan sempurna untuk pertama kalinya. MITS membuat kesepakatan dengan mereka untuk membeli hak cip[ta atas BASIC yang mereka buat. Bill Gates berpendapat bahwa pasar software telah lahir. Dalam setahun Bill Gates keluar dari Havard University dan Microsoft telah terbangun.

Tapi dibalik itu benarkah Bill Gates adalah orang pertama yang membuat OS komputer ? Kita lihat saja Blog ini kapan-kapan. Don’t miss it.

9 thoughts on “Microsoft

  1. lah aku udah tau mas

    @ Bachtzia
    tau apa, semua ? bagus donk.
    Btw akhir posting ini nga’ nanya tau apa belum tuh, kamu cuma baca awalnya yah ?

  2. Weleh… Desember 1974? Hanya beda beberapa bulan lebih muda dari aku. Lah, aku baru bisa make komputer tahun 1996. Itu pun yang Jendel-jendela. Kalau yang masih pake DOS nggak ngerti makenya.

    @ Kang Kombor
    Taun 1996 kang walah aku malah belum pernah liat komputer dengan mata kepalaku sendiri.🙂

  3. Kapan ya ada orang Indonesia sehebat itu…
    Tapi kalau dipikir2 sebenarnya orang Indonesia hebat juga lho…terutama dalam hal bajak-membajak hehehe
    Tetapi serius orang Indonesia banyak yg hebat dan kreatif, buktinya banyak modifikator motor dan mobil yang bisa berkarya sangat bagus tetapi sayang sepertinya kendalanya sangat klasik…keterbatasan modal
    BTW ditunggu edisi selanjutnya lho mas

    @ DeKing
    Satu lagi mas yang patut diacungi jempol, virus buatan Indonesia ternyata virus dengan kwalitas yang baik.

  4. tapi memang kejeniusan BIll Gates diakui kan?
    ngomong2 ada salah satu dosen perguruan tigggi agama di Jakarta pernah berkata: “orang yang pertama masuk syurga salah satunya adalah Bill Gates” tapi saya kira itu omongan bercanda karena kehebatan dan kiprah dalam dunia perkomputeran…
    nice posting makasih atas kunjungannya…

    @ Pak Kurt
    Klo diliat dari jasa-jasanya bagi kehidupan manusia mungkin bener juga pak. Apalgi klo harga softwarenya itu bisa lebih murah. Tapi klo untuk saat ini apakah bisa pak ?

  5. Saya sih kepingin Microsoft itu ada jasa sosialnya… masak para pemegang warnet di hukum hingga 15 tahun gara2 pake bajakan.. iyaa seh melanggar tapi gimana gitu… cappe deh…🙂

    @ Pak Kurt
    Nah itu dia pak salah satu penghambat Bill Gates masuk surga dengan cepet dan sukses. Orangnya jail banget, pake’ bajakan dihukum segala trus yang di rumahan pura-pura baik dengan automatic updatenya, nga’ taunya ngasih WGA yang intinya kita wajib beli lisensi. Uh maksa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s