Tokoh Terbesar

Nga’ kuat juga dicecar dengan pertanyaan ‘mana kategori barunya ?’. Akhirnya dengan sedikit malas dan bingung cari referensi -sulit juga nga’ dapet yang manteb nih- akhirnya mencoba untuk menulis apa adanya yang aku tau saja. Langsung aja yah buat yang udah nunggu tersenyumlah. Oke untuk yang pertama ini aku ingin memunculkan profi orang terbaik sepanjang masa. Siapakah dia ? Yup bener Nabi Muhammad SAW. Dialah idola sejati sepanjang masa.

Nabi dilahirkan pada tahun Gajah ato 570 masehi meski ada sebagian orang yang berbeda pendapat tentang hal ini. Beliau di lahirkan di Makkah saat peristiwa penyerangn Ka’bah oleh Abrahah. Pada awal kelahirannya, mengikuti adat arab beliau pertamakali disusujan kepada Thuwaiba salah satu budak Abu Lahab, pamannya bersama dengan Hamzah. Setelah beberapa saat keemudian beliau disusukan pada Halimah binti Abi-Dhua’ib yang merupakan salah seorang dari bani Sa’d. Masa kanak-kanaknya penuh dengan duka , karena Setelah dilahirkan dalam keadaan yatim oleh Ibunya, Aminah tak lama kemudian -klo bener usia beliau 6 tahun- sang ibu pun telah pergi menghadap Allah saat kembali dari ziarah ke makam Ayah beliau, Abdullah di Madinah.

Setelah kematian Sang ibu beliau diasuh oleh kakek beliau yang sangat mencintai beliau, Abdul Mutalib. Meski sang kakek juga tak lama-kurang lebih 2 tahun- setelah kematian sang ibu juga ikut meninggal dunia. Semakin mengharukan dan menyedihkan saja. Setelah itu kepengasuhannya berpindah ke tangan sang paman Abu Thalib. Sang paman pun sangat mencintai beliau sebagaimana kakek beliau.

Saat berusia 25 tahun beliau bekerja pada Siti Khadijah untuk berdagang ke Syams [Syiria]. Dari perdagangan inilah Siti Khadijah mengetahui kepribadian dan kebaikan akhlak beliau, yang sangat menarik hatinya. Akhirnya Siti Khadijah mengutarakan perasaannya tersebut dan meminta kesediaan beliau untuk menjadikannya istri. Beliau pun setuju. Akhirnya mereka menikah dalam usia yang sedikit memiliki jarak keterpautan. Namun itu bukanlah hal yang penting.

Dari pernikahan ini beliau memperoleh beberapa orang anak [ Zainab, Qassim, Fatimah, Umi Kultsum, Ruqaiah]. Yang sebagian besar meninggal sebelum Ayah mereka. Dalam usia 40 tahun saat beliau menyendiri di gua Hiro saat itulah beliau pertamakali memperoleh wahyu kenabian, setelah itu beliau menghabiskan sisa umur beliau untuk berda’wah menghapuskan kesesatan yang selama ini ada di lingkungan kaumnya. Da’wah dalam cara yang baik dan mudah untuk dipahami. Akan tetapi banyak kaum yang tidak mau dida’wahi justru menentang dan menjelekkan Islam. Karena inilah dalam da’wah tersebut seringkali terjadi peperangan. Dalam masa sisa umurnya itu yang 20 tahun lebih sedikit -beliau wafat pada usia 62 tahun- beliau telah banyak mengadakan perubahan besar bagi orang-orang arab.

Beliau dapat menyatukan bangsa arab yang sebelumnya terpecah belah menjadi umat yang solid, bersatu dalam kasih sayang Islam. Menjadikan mereka umat yang kuat dan berpengaruh dalam percaturan politik dan pemerintahan di wilayah timur tengah. Dan pengaruh ini pun tak dapat hilang sampai berabad-abad lamanya, bahkan Islam pada masa kejayaannya pernah menguasai sepertiga luas dunia ini. Tak heran jika ada seorang pengarang buku barat yang menulis tentang 100 orang yang berpengaruh dalam sejarah dunia memasukkan beliau dalam urutan pertama.

 

Udah dulu ya capek juga nih, besok di sambung lagi dengan tokoh lain yang mungkin hari ini beliau masih hidup dan menyaksikan kehidupan ini.

8 thoughts on “Tokoh Terbesar

  1. Kalau baca sejarah masa kanak-kanak Nabi Muhammad SAW rasanya sedih…
    Tetapi beliau memang benar2 seorang yang kuat, sejak masa kanak2 sdh menerima berbagai cobaan
    Ditunggu kisah2 selanjutnya…

  2. sepertinya tidaklah cukup menggambarkan keteladanan beliau dalam satu tulisan, ditunggu tulisan-tulisan berikutnya

    #kang peyek#
    Waks, tulisan berikutnya, klo gitu nih kategori di ganti aja kali ya, Jadi nabiku ato apa ya.

  3. semoga kita semua dapat syafaat Beliau dihari kiamat.Amin..!

    #hassim#
    Semoga, tapi jangan hanya berharap syafa’at. Kita juga wajib beramal dengan sebenar-benarnmya. Tetntu saja dengan Ilmu agama yang baik.

  4. Sekali lagi Li membaca kisah Tokoh Besar. Namun inilah Tokoh terbesar…

    #Master Li#
    Besar, sangat besar dan beliau adalah tkoh yang paling pantas untuk diidolakan.

    BTW makasih udah balik datang kesini.🙂

  5. waduh mas, kok capek duluan ki pie? Kan yang didongengin belum tepar. Napa malah nyerah tepar duluan. He… Jujur gak bisa menggambarkan keagungan junjungan nabi besar kita itu hanya dengan kata-kata. Ditunggu ceritanya lagi mas, buat menambah teguh iman. Thanks..

  6. Aku baca buku 100 Tokoh Terbesar Dunia waktu dulu masih SD atau SMP. Bapak pinjam dari temannya. Dan Muhammad SAW nomer 1, beda sama hasil survey tabloid Monitor yang dulu itu.

  7. Muhammad adalah seorang dajjal dan panglima perang. bukan orang besar… cuma penipu paling ulung yang pernah ada di muka bumi ini.

    ANDA SALAH BESAR BUNG !! Apa anda dapat membuktikannya kalu Muhammad adalah seorang pembohong ? Muhammad adalah orang yang tidak pernah sekalipun berbohong dalam kehidupannya. Bahkan dalam Al Qur’an sendiri saja telah dikatakan bahwa tidak dikatakan oleh Muhammad melainkan apa yang telah diwahyukan oleh Allah padanya.
    Mungkin anda bukanlah seorang muslim, lantas berkata Al Qur’an adalah kebohongan. Kalau anda berpikiran begini anda salah SESALAH-SALAHNYA bung, Satu bukti kebenaran Al Qur’an adalah pada abad kedelapan tersebut Al Qur’an sudah menceritakan proses tumbuh kembangnya janin dalam tubuh dengan sangat terperinci, dan para ahli pun mengakui akan kebenaran isi Al Qur’an tersebut.PAdahal pada masa itu belum ada ilmu kedokteran yang seperti sekarang bukan ? Ada pula isi Al Qur’an yang bercerita bahwa dalam beberapa tahun kedepan bangsa Romawi yang waktu itu hancur terkalahkan akan bisa balik mengalahkan bangsa persia, dan nyatanya hal itu memang benar terjadi.
    Apakah anda masih kurang yakin ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s