Rootkit

Apakah itu rootkit ? Berikut adalah penjelasan sedikit yang dapat saja ambilkan dari wikipedia.

 

Rootkit adalah kumpulan software yang bertujuan untuk menyembunyikan proses, file dan data sistem yang sedang berjalan dari sebuah sistem operasi tempat dia bernaung. Rootkit awalnya berupa aplikasi yang tidak berbahaya, tetapi belakangan ini telah banyak digunakan oleh malware yang ditujukan untuk membantu penyusup menjaga aksi mereka yang ke dalam sistem agar tidak terdeteksi. rootkit hadir di beragam sistem operasi seperti, Linux, Solaris dan Microsoft Windows. Rootkit ini sering merubah bagian dari sistem operasi dan juga menginstall dirinya sendiri sebagai driver atau modul kernel.

Kata “rootkit” terdengar di telinga publik bermula pada skandal Sony BMG CD Copy Protection, dimana CD yang dibuat Sony BMG music meletakkan sebuah rootkit di PC Microsoft Windows pada saat pengguna memutar CD di komputer mereka. Sony sebelumnya tidak memperingatkan kepada pengguna akan hal ini di dalam CD mereka maupun di dalam kemasannya.

Nah kalo yang ini nambah dikit lagi dari inggrisnya

 

A rootkit can take full control of a system. A rootkit’s only purpose is to hide files, network connections, memory addresses, or registry entries from other programs used by system administrators to detect intended or unintended special privilege accesses to the computer resources. However, a rootkit may be incorporated with other files which have other purposes. It is important to note that the utilities bundled with the rootkit may be malicious in intent, but a rootkit is essentially a technology; it may be used for both productive and destructive purposes.

Yang dalam bahasa Indonesia [versi ngawur saya] mungkin maksudnya begini:

Sebuah Rootkit dapat mengambil suatu kontrol penuh terhadap sebuah system. Fungsi khusus Rootkit sebenarnya adalah untuk menyembunyikan file, koneksi ke jaringan, alamat memory, ataupun masukkan register dari program lain yang dijalankan oleh operator komputer untuk mendeteksi berbagai resource dari system tersebut yang diperlukan oleh program. Bagaimanapun, Rootkit dapat juga diikutsertai –kosakata buruk– oleh file-file lain yang memiliki misi –hiperbolis– lain. Penting untuk diperhatikan bahwa boleh jadi utility –bingung cari padaannya– yang dibundelkan dengan Rootkit tersebut adalah suatu sesuatu hal yang kurang baik dalam system. Akan tetapi Rootkit adalah sebuah teknologi, teknologi yang dapat diperuntukkan baik untuk hal yang membangun ataupun hal yang merusak.

Sekian semoga dengan membaca postingan ini bukan membuang waktu dan tenaga anda ataupun menembah besar saldo kita untuk dapat masuk neraka dengan mudah, tetapi menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi kita semua.

{update}

Oke deh memenuhi permintaan sang komentator pertamaxx –dengan apa kita melihatnya ?–postingan ini diputuskan untuk di update, berikut adalah update tersebut, –yang tentunya nga’ bisa didonlot kayak updatenya AVG dll–

  • Sebuah pengertian Rootkit terbaru ala AVG di dapet dari program yang linknya ada dibawah yang sebenarnya nga’ anda perlukan–mungkin–.

What is a Rootkit and what does it do?
To find threats yuor Antivirus or Antimalware solution has to scan all files on your computer and check them for destructive code. Rootkits enable threats, trojans or worms to hide themselves so that conventional security products and Windows application can not see th threeat on the hard disk and therefore can’t detect and disable it.–Translate it yourself.– Menurutku agak ‘wagu’ pengertiannya.

9 thoughts on “Rootkit

  1. ah saya mau buang2 waktu ah…dan tentusaja biar ndak masuk neraka, saya komen di sini deh!😛
    waduh, ngeri juga ya si rootkit ini…
    *segera periksa komputer, siapa tau ada rootkitnya*
    ……….5 menit………..
    *balik lagi*
    ngeceknya gimana?

    #antobilang#
    Oh iya ngecek bisa pake’ AVG Anti-Rootkit. Tapi aku nga’ yakin, soalnya untuk yang AVG anti virusnya aja kurang sip, leena aja lolos dari pengawasannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s