Seandainya Jepang Menjajah Kita 35 Tahun

Gila !! Mungkin ini yang pertama terlintas dalam pikiran anda saat membaca judul posting ‘gila’ ini. Tapi, memang inilah hal yang terlintas dalam pikiran saya, karena saya terlalu lama memikirkan tentang perayaan kemerdekaan negeri ini saat ini, akhirnya saya justru merasa bahwa bahwa negeri ini sebenarnya memang belum pernah merdeka. Kita hanya pernah terlihat merdeka dengan dibacakannya Proklamasi oleh Bung Karno. Nyatanya setelah itu, kita masih diserang oleh Belanda, walaupun memang setelah melalui perjuangan yang berat akhirnya kita berhasil membuat mereka jera untuk datang ke negeri ini.

Namun setelah itu, kita juga bisa melihat, betapa negeri ini sebenarnya belum bisa menguasai dirinya sendiri. Terbukti dari kita pernah berubah-ubah sistem pemerintahan yang selalu berganti dalam kisaran waktu yang tidak begitu lama. Kita masih berganti-ganti dari RIS menuju Sistem Parlementer, ada pula NKRI, yang disertai pula dengan pergantian UUD yang pada akhirnya kembali pada UUD paling awal, UUD 45. Masa’ sebuah UUD yang merupakan dasar dari berdirinya sebuah negeri kok berubah-ubah.  Hal ini khan menunjukkan bahwa negeri ini belum berdiri dengan mantap. Kita istilahnya masih coba-coba dengan berbagai sistem pemerintahan dengan mengikuti bangsa-bangsa yang pernah menjajah kita. Terlihat dengan jelas dari sini bahwa kita belum sepenuhnya bebas dari pengaruh mantan penjajah kita.

Dengan melihat kenyataan itu saya kemudian mengambil sedikit analisa ‘gila’ bahwa mungkin sebenarnya pada tahun 1945 kita itu sebenarnya belum siap betul untuk merdeka. Kita hanya berusaha memanfaatkan kesempatan yang terbuka lebar tanpa mau introspeksi diri dulu, modal apa yang kita bawa untuk merdeka ? Jadi saya punya kesimpulan bahwa Proklamasi adalah suatu hal yang terburu-buru saat itu. Proklamasi ’45 adalah suatu kecelakaan dalam sejarah bangsa ini. Meskipun bila saya hidup pada waktu itu saya juga yaklin akan bersorak bahagia saat Proklamasi telah dikumandangkan.

Berawal dari analisa ‘gila’ itu pula akhirnya muncul bayangan dalam angan ini, andai negeri ini tetap menjadi negara terjajah saja bagaimana ya ? Tersiksa dan sengsara ? Pastinya, dijajah :(  Tapi semua itu akan lain andai kita merdeka pada saat kita betul-betul siap untuk merdeka khan. Dan untuk menunggu kata siap itu saya jadi berpikir pada siapa kita akan minta dijajah ?

Jawaban yang muncul dalam waktu yang tak lama adalah JEPANG, mengapa ?  Karena anda akan menemukan bangsa ini begitu lain dari kondisinya saat ini jika kita baru saja merdeka 30 tahun yang lalu dari Jepang. Coba, mari kita sama-sama memasukki imaginasi ‘gila’ ini.

Keuntungan pertama : Bangsa ini akan terbebas dari KORUPSI.

Mengapa ? Karena seperti yang kita tahu, dan kita bisa lihat dari apa yang sudah saya sampaikan di awal, bangsa terjajah itu akan cenderung untuk meniru apa yang dilakukan bangsa yang pernah menjajahnya dalam menjalankan pemerintahan. Jadi kita bisa melihat kalau orang Jepang saja cintanya kepada negerinya saja seperti itu, bagaimana mereka bisa korupsi ? Dan tentunya kita sebagai bangsa yang sudah pernah di jajah Jepang dalam waktu 35 tahun akan merasakan cinta yang dalam pula dalam hati kita kepada negeri ini. Kita juga tak akan tega untuk berkorupsi, merong-rong kekayaan negeri ini. Waktu 35 tahun, sepersepuluh dari waktu yang diperlukan Belanda untuk membuat kita terinfeksi dengan kebiasaan korupsi bangsa-bangsa barat saya rasa sudah cukup untuk menetralisirnya. Justru sebaliknya, bangsa ini akan menjadi bangsa yang sayang habis kepada negerinya.

Keuntungan kedua : Hutang kita tak akan sebanyak ini.

Kita lihat saat ini, berapa ratus trilyun hutang negeri ini, semua ini karena kita sudah merdeka dalam waktu yang cukup lama. Dan, pada saat itu, kita sebenarnya belum siap sepenuhnya. Sehingga tidak heran saat Presiden Soeharto menjabat dan ingin melakukan pembangunan yang besar, yang perlu banyak modal, jalan satu-satunya yang bisa kita tempuh adalah berhutang. Parahnya, kita berhutang pada rentenir kelas dunia semacam IMF. Jadilah bangsa ini menjadi bangsa yang pada generasi selanjutnya hanya menjadi bangsa yang kelimpungan kesana-kemari hanya sibuk untuk mencari uang untuk dapat mengembalikan pinjaman kita. Lagi-lagi kita hanya menjadi sapi perah bangsa barat, bangsa yang dahulu menjajah kita.

Banyangkan jika kita merdeka lebih akhir, kita sebagai bangsa jajahan Jepang pastinya tidak akan disisa-siakan begitu saja, walaupun kita dijajah, Jepang adalah sebuah negara yang banyak memproduksi barang-barang yang perlu untuk dipasarkan. Sebagai strategi bisnis, kita tentunya tidak akan begitu saja dijajah, pastinya akan ada sedikit usaha agar rakyat negeri ini bisa sedikit makmur dan mampu untuk membeli produk mereka. Bahkan mungkin kita akan jadi negara persemakmuran atau apalah. Sedikit berbeda dengan jika kita harus membangun semuanya sendiri bukan ?

Keuntungan ketiga : Jumlah rakyat negeri ini tak akan sebanyak sekarang.

Gimana bisa punya banyak anak ? Perang saja tidak kunjung selesai :) Dan ini adalah sesuatu kemudahan bengsa ini untuk bisa melaju, karena ibarat kapal, penumpangnya jauh lebih sedikit sehingga ringan untuk bergerak. Sama seperti Singapura dan Brunei barangkali. Banyak keputusan akan mudah dilaksanakan dengan jumlah pelaksana yang relatif lebih sedikit. Tidak banyak bicara.

Penduduk negeri yang sedikit selain lebih sedikit komentar dalam menghadapi aneka praturan dan tata tertib juga lebih mudah untuk menjaga kesehatannya dan juga mengurusi pendidikannya bukan. Pendidikan, generasi penerus yang cerdas adalah suatu investasi besar yang sangat menguntungkan bukan ?

Keuntungan Keempat : (Sedikit ada unsur SARA) Islam bukanlah pecundang.

Kita tahu, Indonesia adalah negara dengan jumlah muslim paling banyak di dunia. Jika pada tahun 1945 Indonesia belum juga merdeka, atau negara ini terjajah lebih lama lagi, bangsa barat akan takut dengan semangat juang bangsa ini yang dilandasi dengan semangat jihad untuk merebut kemenangan. Dan, jika memang benar pada akhirnya nanti bangsa ini dapat merdeka karena usaha jihadnya, pastinya semangat keislaman di seluruh dunia akan semakin membara.

Bangsa-Bangsa Islam, dengan dilandasi pelajaran berharga dari runtuhnya penjajahan di negeri ini akan semakin terpacu untuk berjuang bagi yang belum merdeka. Bangsa-Bangsa Islam akan menjadi bangsa yang solid, bukan seperti saat ini. Setiap negara selalu sibuk dengan urusannya sendiri, sehingga saat ini kita disuguhi drama penjajahan bumi Palestina oleh bangsa Yahudi yang tak kunjung usai. Karena memang tak ada ‘Saudaranya’ yang mau membantu. Semangat Islam adalah satu, tak terikat dengan geografis dan peta kenegaraan telah hilang saat ini. Tak ada lagi rasa bahwa jika satu muslim di muka bumi ini disakiti maka layaknya satu badan, muslim yang lain juga akan merasakannya. Jika  bangsa-bangsa  Islam dapat bersatu, pastilah kejayaan barat seperti saat ini hanyalah igauan panjang yang tak pernah jadi kenyataan saja.

Saya kira cukup sekian dulu curahan hati postingan gila ini. Kiranya ada waktu lagi kita akan berbagi lagi. Namun, saya berharap anda berhati-hati dalam membaca postingan yang seperti ini, saya hanya seseorang yang tak punya kemampuan untuk melakukan apa yang telah para pejuang negeri ini lakukan, namun saya sok berbicara ini dan itu. Sok menggurui padahal saya bukanlah orang yang pantas untuk berkata seperti ini pada mereka. Maafkan aku wahai para pejuang negeri ini.

Lebih-lebih lagi postingan ini pada awalnya saja sudah memakai kata seandainya, yang mana dalam satu hadistnya Rasululah telah melarang kita untuk berpanjang-panjang pada hal yang mengandung kata seandainya, karena yang seperti itu adalah bersumber dari setan.

33 thoughts on “Seandainya Jepang Menjajah Kita 35 Tahun

  1. saya juga sering berandai andai, misal seandainya yang menjajah kita bukan belanda tetapi inggris, maka kehidupan kita akan lebih baik…mana ada sih bekas jajahan belanda yang maju?…

    Yup, bener pak, nggak satupun bekas jajahan belanda sama portugal yang bisa kaya, sebagian besar bahkan mungkin semua hanay menjadi bangsa yang fakir

  2. Seandainya bangsa Indonesia ngga di Jajah apa jadinya?

    Jadi negara dengan jumlah pendekar paling banyak di dunia donk,paling sakti :) , kaya, subur, oranya baik POKOKE, jadi negara paling hebat lah :)

  3. kok bisa nulis panjang sih,, Aku pengen nulis panjang nggak bisa-bisa..

    Panjang tulisannya, tapi sebenarnya itu khan pendek isinya, tergantung gimana kita bermain kata dan mengembangkan ide kok mas, punyanya mas junthit kadang juga panjang kok.

  4. lho bukannya sekarang juga masih dijajah jepang ???

    Untuk penjajahan tipe sekarang nggak ngunutngin lagi wa’ kita hanya sebagai ladang untuk membuang produk mereka dan mereka tak perlu repot untuk memikirkan kesejahteraan kita. Sama saja kita harus usaha sendiri :)

  5. dari pada berandai-andai kita di jajah negara ini negara itu, mending kira berandai-andai negara kita gak pernah dijajah, mungkin gak ada yang namanya indonesia, tapi yang ada kerajaan majapahit atau kerajaan sriwijya :D

    Ya enggak lah, yang ada paling kerajaan mataram tidore atau ternate :)

  6. analisisnya boleh juga,karena gak mungkin lagi kita minta di jajah, sok atuhh bangkit dari keterpurukan. request, siapa yang mau ngejajah endonesa ?

    Siapa ya ? :?

  7. klo kita dijajah bangsa Jepang tentunya sekarang ini rakyat Indonesia tidak akan berjumlah lebih dari 200 juta jiwa, karena rakyat pasti lebih milih harakiri dibanding malu melihat korupsi dimana-mana :D

    Justru yang bunuh diri yang lihat korupsinya gitu, bukan sang koruptor :(

  8. Keuntungan pertama : Bangsa ini akan terbebas dari KORUPSI
    ??~~?
    akh sapa bilang, aku kan ada mata kuliah pengantar kejepangan … nah di jepang tuh bukane gak da korupsi, tapi korupsi mereka ntu gak buat diri sendiri … misalnya bos perusahaan dapat kucuran dana karena membantu yakuza, nah duitnya buat perusahaan lagi, bukan buat diri sendiri, dan korupsi di jepang ntu malah lebih keren, karena kesane legal gitu …

    wakarimasu ka?

    kucuran dana kok kurupsi sih :? :( khan bisa saja itu usaha pemerintah buat melancarkan perekonomian dan bisnis. yakuza tuh siapa ya ? aku nggak tau sama sejarah jepang tuh :(

  9. waah nice posting. seru juga ^^

    yang pasti kalau dijajah jepang, para maniak anime/manga nggak akan kesulitan nyari barang-barang macam anime dan manga serta hentai di indonesia wakakakakakk…

    Wah bener juga ya tambah donk manfaatnya ‘andai’ kita dijajah jepang :)

  10. ho ho ho… seandainya,
    nek aku magh lebih milih enggak dijajah.
    walo pernah juga mbayangke nek umpomo
    awak’e dewe mben dijajah inggris luwih
    suwe :D

    ya… sekarang kita lanjutkan saja perjuangan
    para pahlawan yang udah mendahului kita

    MERDEKA!!!

  11. Hmm… tapi seandainya Jepang menjajah Indonesia 35 tahun, mungkin akan semakin banyak [url=http://en.wikipedia.org/wiki/Comfort_women]jugun ianfu[/url], dan turunnya derajat wanita bisa lebih parah. :(

    Ups, terlewat dari analisa :( , bener juga nih

  12. ah, indonesia itu masih muda, merdekanya juga belum hitungan ratusan
    amerika sudah menjalani masa perang saudara dan industri beberapa abad

    tapi seiring dengan perkembangan amerika khan suasananya tak siribet saat ini. Kalo nunggu Indonesia berumur ratusan tahun mungkin kita juga belum bisa nyamain mereka kalau kita mau memakai mereka sebagai barometer

  13. bener juga sii.. tpi apa gg kasian rakyat sengsara 35 taun?
    mending dijajah inggris aja kalii
    tpi kalo dijajah ampe sgitu lamanya.. kira” budaya nasional indonesia bisa lebih terjaga gg ia?

    Itu hanya perbandingan non, yang muncul karena kekecewaan lihat bangsa ini yang seperti ini, yang pastinya karena budaya londo yang sudah mengakar :(
    Kalo boleh dan bisa muter waktu ke jaman dulu sih, saya maunya Indonesia nggak usah dijajah saja :D :lol:

  14. kalo gw narik kesimpulan sih…
    Tuhan punya maksud rencana yg kita sendiri ga tahu… mungkin jg ada efek buruknya kalo dijajah 35 th, dll…

  15. jepang gak korupsi? hmmm…gak juga tuh…
    di jepang juga ada korupsi, cuma caranya lebih cantik, manis, dan imut…^^.
    korupsi mereka lebih ke corporate, atau kelompok…soalnya kalo korupsi pribadi, hukumannya berat bow! tapi bukan hukum negaranya yg ditakuti, tapi hukum moralnya! tau sendiri kan orang jepang itu paling takut sama yg namanya “MALU”. nah mereka gak tahan malu… makanya kl korupsi sendiri sampe ketauan, pasti pada bunuh diri……(bedanya di indonesia, koruptor kita pada GAK PUNYA MALU).
    contoh kecil korupsi corporate mereka : sbg negara maju, jepang memberikan bantuan kepada negara2 berkembang, tapi sebagai gantinya jepang menginginkan proyek2 tertentu dari negara yg dibantu dengan didanai dari uang bantuan mereka sendiri. nah pejabat2 jepang dapet bagian dari perusahaan yg dapet proyek tsb…(cara yg biasa digunakan oleh byk negara maju buat meres negara berkembang)…dll

    jadi keliru kalo dibilang disana gak ada korupsi…

    hmmmm…gw tetep bersyukur indonesia merdeka pada jaman itu (thn 1945)…kalo sampe sekarang kita belum merdeka, entah kapan kita bisa merdeka… sebab dilihat dari mental pemerintahan dan legislatif kita saat ini, mungkin kali kita belum merdeka, mereka pasti sudah jadi antek KOMPENI!

  16. kalo aku pilih “andaikata indonesia adalah bangsa penjajah” hahahahah.
    Pastinya keadaanya lebih baik daripada dijajah, meski dijajah inggris sekalipun.

    pilihan yang kelihatannya asyik juga seh, tapi kalo bisa seh aku maunya hidup di dunia yang nggak ada acara jajah-jajahan aja deh keliatannya :D

  17. duwh… pyusingg… tp ya…lumayan deh! sbnrny sya menemukan blog ini ktika saya ingin mncari jawaban dri soal test. prtanyaanny yaitu : Deskripsikan Keuntungan Bangsa Indonesia ketika dijajah oleh Jepang! saya cma tahu satu, tp yg nmany suruh mendeskripsikan hrs lbh dri stu.

    ya udah de… gi2 za.. mampir ya..

  18. ghyaaaaaaaaaaaahahahahhahaha….

    komentarnya lucu2, tapi boleh lah imajinasinya…
    wah, btw, bayangin kalo bangsa kita adalah penjajah, kasihan juga para bangsa2 jajahan indonesia, pasti main banyak korupsi di dunia..!!
    terus, makin banyak bangsa2 yang ditipu kayak rakyat indonesia yang kadang serasa ditipu pimpinan sendiri….

    how how…

  19. waduh 35 tahun berapa banyak kuku2 lepas, kepala putung lari sana sini, ya..????
    hi,,,serem..
    kalo g slah aku inget pas pelajaran sejarah dulu waktu smp gitu, katanya kan pas penjajahan jepang orang2 yang bangkang ato gimana gitu kukunya pada dicopotin…

  20. waduh 35 tahun berapa banyak kuku2 lepas,ya..????
    hi,,,serem..
    kalo g slah aku inget pas pelajaran sejarah dulu waktu smp gitu, katanya kan pas penjajahan jepang orang2 yang bangkang ato gimana gitu kukunya pada dicopotin…

  21. saya juga mau berandai andai…
    kalo pola pikir bangsa ynag dijajah cenderung ikut ikutan bnagsa penjajah, maka jika jepang menjajah indonesia 35 tahun maka sekarang ini pastilah banyak beredar VCD IAV alias Indonesia Adult Video.

    kalo belum tahu saya kasih tahu, bahwa jepang adalah suplier porno movie terbesar dari benua asia dgn JAV nya alias Japan Adult Video.

    jadi diri sendiri aja, nggak usah mjd bangsa lain. saya pikir itu lebih dewasa.

    • @adi

      ya ga gitu2 juga kali, kalo niru apa juga semuanya? Dua tahunan yang lalu saat nulis ini, yang aku pikirkan tentang kedisiplinan dan teknologi jepang yang aku bayangin bisa nular ke kita. Bukan JAV. :lol:

      Namanya juga andai-andai, di blog gue sendiri lagi, sah-sah saja donk, gitu aja sewot. Peace ah…

  22. ow..pikiran macem ini dah hilang sejak gw lulus sma, nasib kita skrg akan jauuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuh lbh baik seandainya tidak pnah terjajah belanda 350thn + jpn 3.5thn. Gw yakin bgt kita ini bangsa yg luarbiasa hebat, bs dibilang no1 sedunia, yup no1! 353.5thn sumber daya kita diambil, mental&pola pikir kita dirusak ma penjajah, proklamasi yg lo bilang cm kecelakaan hrsnya lo hargai sbg usaha kreatif yg luarbiasa cerdik pendahulu kita, kreatifitas muncul dari keinginan menggebu mencapai sebuah tujuan dg kemampuan seadanya. stlh proklamasi msh bnyk lg yg menghambat kita, belanda datang lg, kisruh politik, kisruh perbatasan, pemberontakan, perp
    ecahan agama, suku, ras, dsb, kacaunya ekonomi, isu teroris, korupsi dsb,tp kita msh mampu bertahan dg kondisi yg jauh lbh baik djbanding negara2 amerika latin ato myanmar, vietnam atk negara2 lain yg notabene merdeka lbh dulu ato terjajah cm itungan bbrp puluh thn. bllm lg kl ditmbah faktor perbedaan suku di indonesia yg jmlhnya gw yakin lo ndiri gk mampu nyebutin, kl kita bkn bangsa besar&hebat yg ada dari dulu sampe skrg kita perang sodaraaaaa mulu….. skrg indonesia dah jd perhatian bnyk negara tentunya dlm hal positif ya… buanyaaaaaaaak bgt anak bangsa ini yg berprestasi. mslh korupsi, kolusi, nepotisme, itu warisan penjajah, voc yg korupsi dari pemerintah belanda, kolusi voc dg tionghoa (dulu ya, jgn digeneralisasi ma yg skrg), nepotisme gubernur2 hindia belanda. itu yg skrg kita blm bs lepas. tp Insya Allah stlh kita dpt pemimpin yg amanah dan tegas, 10thn kemudian kita jd negara no1 didunia

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s